Headline

Dukungan Masyarakat Tak Diragukan Lagi

KENDARI, BKK – Tim pemenangan Bakal Calon (Balon) Wali Kota Kendari Zayat Kaimoeddin (Derik) menilai, dukungan masyarakat Kendari untuk jagoannya itu tidak diragukan lagi dan optimis bisa memenangkan pemilihan wali kota (Pilwali) yang akan dihelat 2017 mendatang.

La Ode Umar Bonte selaku juru bicara tim pemenangan Derik mengatakan, dengan melihat dukungan masyarakat yang sudah besar maka pihaknya kini akan lebih fokus untuk mengantisipasi terjadinya kecurangan.

“Kami sudah tidak ragu soal kemenagan Derik, tetapi soal kemenangan itu, masih ada kemungkinan bisa gagal jika terjadi kecurangan. Untuk itu kami saat ini fokus melakukan antisipasi,” terang La Ode Umar Bonte saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (28/9).

Anggota DPRD Kendari ini menjeleskan, langkah antisipasi yang dilakukan timnya yakni memantau perkembangan daftar pemilih yang ada di Kota Kendari, dimana berdasarkan kabar yang telah tersiar ada pembengkakan pemilih hingga 6000 orang.

“Kita sudah menyebar tim hingga 1200 orang, guna memastikan kebenaran kabar pembengkakan pemilih tersebut. Kalau hal itu benar maka kami akan segera melaporkannya ke panitia pengawas pemilu (Panwaslu),” jelasnya.

Selain fokus pada pembengkakan jumlah pemilih, lanjut dia, tim relawan Derik juga memantau pelanggaran-pelanggaran lain. Baik itu transfer pemilih, many politik atau pelanggaran lainnya dengan strategi tertentu.

“Kita itu kerja tiap hari untuk memikirkan bagaiman cara mengantispasi kecurangan yang bisa timbul, karena kami selalu berpikir dalam satu hari pasti ada yang telah melakukan kecurangan untuk memenangkan jagoannya,” ungkapnya.

Belajar dari beberapa pilkada sebelumnya di Sulawesi Tenggara, kecurangan yang terjadi kerap menyebabkan terjadinya pemilihan ulang. Dengan antisipasi yang dilakukan tim Derik, kata Umar, kejadian seperti itu diharapkan tak terulang lagi. (m2/nur)

To Top