Tingkatkan Daya Saing, Pengrajin Dibantu Peralatan Modern – Berita Kota Kendari
Aktualita

Tingkatkan Daya Saing, Pengrajin Dibantu Peralatan Modern

BURANGA, BKK – Hasil karya bisa berdaya saing dan pelakunya sejahtera. Itulah harapan yang ingin dicapai Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Buton Utara (Butur) terhadap para pengrajin yang tersebar di seluruh wilayah paling utara pulau Buton ini.

Untuk mencapai hal itu, Dekranasda yang kini dipimpin Siti Rabya Umar Abu Hasan telah mencanangkan beberapa program kerja, baik peningkatan sumber daya manusia (SDM) maupun adanya infrastruktur  yang cukup memadai.

Dalam peningkatan SDM, kata Siti Rabya, dapat berupa pelatihan terhadap pelaku usaha yang masih individual baik yang sudah tua maupun  kaum-kaum muda yang bergelut di bidang kerajinan. “Program kami itu akan dilakukan pelatihan terhadap pengrajin ini. Pelatihnya itu akan kita datangkan dari luar daerah,” kata Siti Rabya, kemarin.

Tentunya, para pengrajin ini, sambung dia, akan berhadapan dengan alat-alat modern. Seperti halnya pengrajin tenun. Kebanyakan di Butur masih menggunakan alat tradisional. Sehingga produktivitas masih sedikit atau lambat. Maka, dengan dilakukannya pelatihan, tentunya didukung dengan alat modern, diharapkan dapat menambah daya saing baik dari segi kualitas maupun produktivitas.

“Ke depan, kita akan memberikan alat tenun yang modern. Jadi tidak lagi membeli kain dari luar daerah, tapi bisa memasok kebutuhan daerah sendiri. Bahkan diharapkan bisa punya daya jual jika dipasarkan di luar daerah. Insy Allah kita akan lebih maju,” harapnya.

Siti Rabya yang tak lain istri dari Bupati Butur Abu Hasan ini mengungkapkan, program-program yang telah dicanangkan itu tentunya telah mendapat dukungan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Butur baik itu dukungan moril maupun dukungan materil.
“Ini kan masuk juga dalam program pembangunan Pemda Butur saat ini. Alhamdulillah Pak Bupati telah menyampaikan akan juga memberikan perhatian serius dengan menurunkan dana stimulus bagi kelompok pengrajin,” imbuhnya. (k5)

To Top