Suksesi

DPD I Golkar Sultra Percepat Proses Pemecatan La Ode Tariala

LAWORO, BKK – Proses pemecatan La Ode Tariala sebagai kader Partai Golkar dan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Muna Barat (Mubar) akan dipercepat.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) 1 Golkar Sulawesi Tenggara (Sultra) Ridwa BAE mengatakan, sikap La Ode Tariala yang memilih mendukung calon bupati (Cabup) di Mubar yang di luar dukungan Partai Golkar adalah kesalahan fatal. Mekanisme partai beringin itu pun, mengaharuskannya dipecat.

“La Ode Tariala itu kenal DPRD dari Partai Golkar. Tapi apa yang terjadi hari ini mencerminkan bahwa ia bukan seorang politisi sejati. Dia telah mempertontonkan sesuatu di luar struktur dalam kehidupan politik,” ungkap Ridwan.

Saat ini, kata Ridwan, untuk memproses pemecatan itu pihaknya tinggal menunggu surat resmi dari Ketua DPD II Golkar Mubar. Namun demikian, sebelum dipecat La Ode Tariala tetap akan dipanggil untuk dimintai penjelasan.

“Mekanismennya dia (La Ode Tariala-red) harus lapor ke partai, tapi karena kader partai, kita harus panggil dia, setelah itu baru kita buatkan surat peryataan, kalau mau keluar, ya kami keluarkan dia toh penggantinya jauh lebih baik,” jelasnya.

Anggota DPR RI ini membeberkan, sejumlah pelanggaran fatal yang dilakukan La Ode Tariala yakni mulai dari menghadiri kampaye dan pendaftaran Cabup Mubar LM Rajiun Tumada. Bahkan menjadi ketua tim pemenangan cabup yang tidak didukung Golkar tersebut

“Sebetulnya menilik dari sejumlah sikap politik La Tariala itu,  tanpa surat peryataanpun, pasti dia dipecat karena sistim di partai yang memecat dia,” pungkasnya.

Untuk diketahui, di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Mubar mengusung LM Ikhsan Taufik namun yang didukung La Ode Tariala adalah LM Rajiun. (cr1/nur)

To Top