Headline

Dana Desa Menjadi Pembuktian

KENDARI, BKK- Penggunaan dana desa, baik yang bersumber dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, akan menjadi ajang pembuktian kemampuan kepala desa dalam membangun desanya. Jika kepala desa berhasil mengelola dana desa untuk pembangunan desanya, otomatis kepala desa tersebut akan mendapatkan kepercayaan tidak saja dari masyarakatnya, namun juga dari pemerintah.

    Hal tersebut menjadi penekanan Bupati Konawe Selatan, Surunuddin Dangga, saat membuka Seminar Sehari yang mengangkat tema Desa Maju Konsel Hebat, di Hotel Grand Clarion Kendari, Sabtu (24/9) lalu. Surunuddin mengingatkan, dana desa menjadi ujian yang hasilnya akan menentukan nasib kepala desa tersebut.
    “Maka dari itu, kepala desa harus memberikan pembuktian kepada masyarakat dengan memanfaatkan dana desa sebaik-baiknya dan tidak menyalahgunakan amanah tersebut,” kata Surunuddin di hadapan seluruh 364 kepala desa yang hadir dalam seminar itu.
    Agar dana desa itu tepat guna, kepala desa harus jeli melihat potensi yang bisa dikembangkan di desanya masing-masing. Dana desa itulah yang digunakan untuk mengembangkan potensi desanya untuk tujuan kesejahteraan masyarakat.
    “Perlu diperhatikan oleh kepala desa bahwa peran ADD ini harus disesuaikan pada pembangunan di desa dan juga potensi-potensi yang di desa tersebut. Dengan begitu, tidak ada lagi penilaian yang buruk oleh masyarakat, ” pungkasnya.
    Surunudin Dangga juga menginginkan agar seluruh kepala desa benar-benar tampil sebagai pemimpin di daerahnya masing-masing. Kepala Desa harus berada di garis depan dan memiliki tekad yang kuat untuk membangun desanya.
    Jangan sebaliknya, kepala desa tampil sebagai orang yang dilayani oleh masyarakatnya. Dia meyakinkan, kepala desa dengan model seperti itu tidak akan bertahan lama.
    Jika seluruh kepala desa mampu membangun desanya, otomatis itu akan berdampak secara luas bagi pembangunan kabupaten. Desa akan menjadi pilar utama pembangunan kesejahteraan masyarakat, seperti yang dia cita-citakan selama ini.
    “Insya Allah dalam lima tahun ke depan kita sudah bisa mewujudkan hal tersebut. Asalkan hal-hal seperti ini, benar-benar diperhatikan oleh kepala desa,” katanya memberikan semangat.     
    Pemkab Konsel kata Bupati, menginginkan pembangunan desa ini berjalan seiring dengan meningkatnya sumber saya manusia (SDM), pembangunan ekonomi lokal yang berkelanjutan dan meningkatkan ketahanan pangan.
    “Dengan target-terget tersebut, maka Konsel melalui kerjasama semua pihak baik itu lingkunan desa, kecamatan maupun kabupaten, kita yakin Konsel akan unggul, sejahtera dan amanah,” tegasnya. (p7/c/aha)

To Top