Seminar Sehari Desa Maju Konsel Hebat Dipantau Langsung Oleh Apdesi – Berita Kota Kendari
Aktualita

Seminar Sehari Desa Maju Konsel Hebat Dipantau Langsung Oleh Apdesi

KENDARI, BKK- Seminar sehari yang mengangkat tema Desa Maju Konsel Hebat yang digelar Sabtu (24/9) hari ini, mendapatkan perhatian khusus dari pengurus pusat Asosiasi Pemerintahan Desa Indonesia. Bahkan Apdesi mengutus Sekjennya, Ipin Arifin.

Kepala BPMD & Kelurahan Konsel, Syaifullah mengatakan, kehadiran Apdesi pusat menandakan seminar ini sangat penting tak hanya untuk isu lokal, tetapi juga isu nasional.
Apalagi, pemerintah pusat mulai memerhatikan Konsel yang dianggap sukses menggelar Pilkades Serentak, sejak di bawah kepemimpinan Surunuddin – Arsalim menjadi perhatian kusus bagi pemerintah pusat. “Itu yang membuat Sekjen DPP Apdesi ingin sekali berkunjung dan menghadiri acara ini,” terangnya.
Selain seminar sehari, acara itu juga dirangkaikan dengan pemilihan Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) untuk Kabupaten Konsel, periode 2016-2021. Ketua DPRD Konsel, Irham berharap kepada ketua yang baru mampu membangun komunikasi antara pemerintahan desa dengan pemerintah kabupaten, agar jelas apa saja yang menjadi kendala dalam mewujudkan desa maju selama ini.
Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan memang punya keinginan kuat untuk menjadikan desa-desanya sebagai pilar utama pembangunan daerah. Salah satu caranya adalah melalui seminar sehari ini.
Bupati Konsel, H Surunuddin Dangga pun menginginkan agar lebih banyak pihak yang berpartisipasi dalam acara tersebut. Dia pun menjamin seminar ini bukan seremonial belaka yang setelah selesai tak ada lagi tindaklanjutnya.
“Saya menganggap seminar ini merupakan momentum untuk kebangkitan desa-desa kita. Saya mengajak seluruh pakar dan ekonom, keluarkan semua ilmunya. Biar teman-teman bisa mendapatkan pencerahan dan membawanya pulang ke desa untuk langsung diterapkan,” kata Surunuddin.
Di Konsel terdapat 436 desa. Sayangnya, belum satu pun desa yang berstatus desa maju. Sebanyak 118 desa diantaranya masih tergolong tertinggal. Baru 218 desa yang telah dinyatakan sebagai desa berkembang.
Karena itu, bupati punya misi selama lima tahun ini, di Konsel sudah ada desa maju. Kemajuan desa itu diukur dari pembangunan infrastruktur, sarana dan prasarana sosial dan lain-lainnya. Oleh karena itu, kita membuat P2PT (Program Pembangunan Desa Terpadu (P2DT),” jelasnya.
Dalam seminar ini, para kepala desa yang menjadi peserta bisa menyimak dengan baik pemaparan pemateri dan punya kesamaan visi misi. Mereka juga diharapkan dapat menterjemahkan dengan baik saran-saran maupun kritik yang muncul demi kemajuan desanya.
Seminar sehari Desa Maju Konsel Hebat tersebut terselenggara atas kerjasama Event Organizer Sultra Raya Promosindo dan didukung oleh Harian Rakyat Sultra, Harian Berita Kota Kendari, dan TV Sultra. (p8-k8/aha)

To Top