Masyarat Tertib Lalu Lintas, Jangan Hanya Saat Ada Polisi – Berita Kota Kendari
Beranda

Masyarat Tertib Lalu Lintas, Jangan Hanya Saat Ada Polisi

AKP Muhammad Alka

AKP Muhammad Alka

KENDARI, BKK – Untuk ketertiban lalu lintas, memerlukan kesadaran dari semua pihak. Namun, sampai saat ini masih sering ditemukan masyarakat tertib berkendara, hanya pada saat melihat polisi lalu lintas (Polantas).

Hal ini pun disayangkan Kepala Satuan Polisi Lalu Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Kendari AKP Muhammad Alka. Padahal untuk kenyamanan dan keselamatan bersama, tertib berlalu lintas harus terus diterapkan.

“Jangan hanya karena ada polisi, pengendara baru tertib, tetapi meski tidak ada polisi, pengendara juga harus tertib demi kenyamanan, keselamatan dan ketertiban bersama,” terang Alka saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (23/9).

Untuk menerapkan tertib berlalu lintas, akunya, pihak kepolisian tak henti-hetinya melakukan sosilisasi dan memberikan imbauan ke masayarakat. Hanya, masih sering saja ditemukan warga yang melanggar lalu lintas.

“Kami tak henti-hentinya memberikan Imbauan kepada masyarakat, baik itu secara langsung atau door to door ke Kantor-kantor, sekolah-sekolah, serta melalui media cetak maupun elektronik dan memasang spanduk-spandung tentang tertib berlalu lintas,” ungkapnya.

Saat ini salah satu upaya yang dilakukan untuk semakin meningkatkan kesadaran berlalu lintas khususnya di Kota Kendari, katanya, yakni ditetapkannya kawasan tertib lalu lintas (KTL) di Jalan Abdul Silondae sepanjang satu kilo meter. Pengendara yang melewati KTL tersebut harus memastikan diri tidak melanggar aturan berlalu lintas hingga akhirnya terbiasa untuk terus tertib dengan aturan.

“Kalau di KTL ini sudah dianggap tertib maka kemudian akan diperluas hingga semua kawasan di Kota Kendari ini benar-benar tertib lalu lintas,” tandasnya.

Kesadaran pengendara yang melalui KTL tersebut, tambahnya, sudah mencapai 90%, karena yang melakukan pelanggaran lalu lintas maka dikenakan denda dua kali lipat. (p4/nur)

To Top