Atikurahman Tantang Bawaslu Ungkap Pemberi Gula dan Sirup Politik – Berita Kota Kendari
Aktualita

Atikurahman Tantang Bawaslu Ungkap Pemberi Gula dan Sirup Politik

RUMBIA, BKK- Suasana tegang mewarnai prosesi pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Bombana di Kantor KPU Bombana, Jumat (23/9) kemarin.

Itu terjadi saat Bakal Calon Bupati Bombana, Atikurahman, tiba-tiba saja mencecar salah seorang anggota Bawaslu Provinsi Sultra, Dr Hadi Mahmud, seputar dugaan politik uang yang sudah terjadi beberapa bulan terakhir ini.
Ketegangan tampak jelas terasa karena pertanyaan yang diajukan Atikurahman sangat mengejutkan. Suasana di pelataran KPU Bombana pun sontak menjadi hening dan menjadi tontonan menarik bagi simpatisan berakronim “Armada” tersebut, termasuk pegawai KPU, dan personil pengamanan. Mereka menunggu reaksi dari Dr Hadi.
Atikurahman mengungkapkan, tahapan Pilkada di Bombana sudah diwarnai aneka pelanggaran. “Saya ingin menstresing pernyataan anggota Bawaslu Sultra yang mengatakan katanya tidak boleh ada money politik. Perlu ibu tahu bahwa, di Bombana ini banyak sekretariat politik, banyak gula pasir politik, banyak pula sirup politik. Yang saya mau tanyakan apakah ini bukan merupakan politik uang,” kata Atikurahman sembari menunjuk anggota komisioner Bawaslu Sultra tersebut yang berdiri tak jauh dari dirinya.
Bawaslu Sultra maupun Panwaslu Bombana, tambah Atikurahman, harus tanggap terhadap pelanggaran Pilkada tanpa harus menunggu laporan resmi. “Kalau berani, bikin berita acara pelanggarannya, baru saya teken. Ayo ibu komisioner, bikin sekarang kalau berani biar saya teken sekarang juga. Semua orang di Bombana ini tahu kalau ada pasangan calon di sini yang berpolitik gula pasir dan politik sirup,” semprot Atikurahman.
Menanggapi pernyataan itu, komisioner Bawaslu Sultra, Hj Hadi Mahmud menjelaskan, memproses pelanggaran Pemilu punya mekanisme tersendiri. “Tidak bisa kita langsung bikin sekarang. Ada mekanismenya. Kalau ada laporan resmi dari masyarakat, kita akan tindaklanjuti sesuai aturan,” ujar Hadi Mahmud saat dikonfirmasi sejumlah wartawan usai acara itu, (cr2/aha)

To Top