Suksesi

Anas Ombi Turun Gung Dukung Rajiun

LM Rajiun Tumada bersama Anas Ombi usai melakukan pendaftaran di KPU Mubar, Kamis (22/9). (foto: alex)

LM Rajiun Tumada bersama Anas Ombi usai melakukan pendaftaran di KPU Mubar, Kamis (22/9). (foto: alex)

KENDARI, BKK – Lama tak terdengar di hingar bingar politik, salah seorang tokoh masyarakat Muna, Anas Ombi, kini kembali muncul di panggung politik. Tetapi kemunculannya bukan sebagai figur yang bertarung, namun menjadi pendukung sekaligus tim pemenangan dari salah pasangan bakal calon bupati dan wakil bupati di Muna Barat, yakni LM Rajiun Tumada – Achmad Lamani.
Saat LM Rajiun Tumada – Achmad Lamani mendaftar di kantor KPU Muna Barat, Kamis (22/9), Anas Ombi yang juga mantan  Ketua Umum Gapensi Sultra tampil menjadi pendamping utama bersama sejumlah pimpinan parpol dari partai pengusung dan sejumlah tokoh masyarakat dari masing-masing kecamatan.
Anas Ombi duduk di jejeran bangku paling depan di samping kiri pasangan balon bersama  Ketua DPD PDI Perjuangan Ir Hugua dan anggota DPRD Kabupaten Muna Mahmud Muhammad.
Bukan saja itu, usai pelaksanaan pendaftaran, Anas Ombi tidak langsung pulang, tapi kembali bergabung dengan sejumlah tim di kediaman LM Rajiun. Dia tampak beberapa kali melakukan diskusi dengan LM Rajiun dan Acmad Lamani.
Sesaat akan pulang ke Kota Raha, kepada wartawan, Anas Ombi menyatakan, dia mengakui jika baru kali ini ikut lagi dalam kegiatan politik, setelah sekian lama hilang dalam percaturan politik.
Anas menyatakan, dia tidak sembarangan ikut mendukung dalam pilkada, tetapi didasarkan pada pilihan nurani rasionalitas berpikir ketika menyatakan dukungan kepada salah pasangan calon.
“Kalau saya menentukan pilihan, saya harus memastikan bahwa calon itu track record-nya bagus, bersih, dan memiliki prestasi yang dapat dibanggakan,” kata Anas Ombi.
Berdasarkan kriteria itu, Anas menyatakan mendukung LM Rajiun Tumada – Acmad Lamani. Dia menegaskan, dari penilaian dia, LM Rajiun telah menunjukan prestasinya selama menjadi Pj Bupati Muna Barat.
“Masalah infrastruktur jalan adalah hal pokok bagi daerah baru. Menurut saya, apa yang dilakukan Rajiun adalah menjawab kebutuhan masyarakat agar arus ekonomi masyarakat bisa lancar,” kata pemilik pasar modern Umna Rijoli di Kota Baubau.
Selain alasan itu, Anas juga memiliki alasan lain yang lebih urgen. Tapi alasan yang satu ini, dia belum mau mengungkapkannya. Ketika ditanya wartawan, apakah ada kaitannya dengan pencalonan anak Ridwan Bae di Mubar? Anas hanya menyatakan “pokoknya tunggu saja, insha Allah akan saya buka,” katanya.

Sekedar kilas balik saja, Anas Ombi adalah salah satu tokoh yang menjadi rival politik Ridwan selama Ridwan menjadi Bupati Muna. (lex)

To Top