Beranda

Rayakan HUT Polantas, Dit Lantas Polda Sultra Gelar Syukuran

Syukuran HUT Dit Lantas Polda Sultra, dihiasi dengan pemotongan nasi tumpeng. (Foto: ono/bkk)

Syukuran HUT Dit Lantas Polda Sultra, dihiasi dengan pemotongan nasi tumpeng. (Foto: ono/bkk)

KENDARI, BKK -Direktorat Lalu Lintas (Dit Lantas) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar acara syukuran hari ulang tahun (HUT) Polisi Lalu Linta (Polantas) ke-61, Kamis (22/9).

HUT yang gelar di Taman Lantas Polda Sultra tersebut dihadiri Kapolda Sultra Brigjen Pol Agung Sabar Santoso bersama sejumlah jajarannya.

Sambutan KapolriJenderal Polisi Tito Karnavian yang dibacakan Kapolda Sultra, meminta polantas menjadi polisi yang profesional, kemudian cerdas dan bermoral serta modern. Untuk mewujudkannya merupakan proses panjang namun setidaknya dimulai dengan pemikiran visioner yang luar biasa.

“Keberhasilan merubah pola pikir dan budaya polisi terletak pada edukasi yang berkualitas, kepemimpinan yang tegas, penegakkan hukum yang konsisten serta sikap yang transparan dan akuntabel untuk meningkatkan pelayanan kepolisian. Keberadaan polri dalam masyarakat adalah sebagai pelindung, pengayom, pelayan dan penegak hukum untuk mengamankan dan memberikanrasa aman bagi masyarakat,” tuturnya.

Selain itu, Undang Undang (UU) nomor 8 tahun 1981 tentang hukum acara pidana dan UU nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan dalam peraturan presiden nomor 52 tahun 2010, dinyatakan bahwa pelaksana untuk hal Ihwal fungsi lalu lintas adalah Korp Lalu Lintas (Korlantas) Polri, unsur pelaksanaan tugas pokok yang berada dibawah kapolri. Korlantas Polri bertugas membina dan menyelenggarakan fungsi lalu lintas yang meliputi pendidikan masyarakat penegakan hukum, pengajian masalah lalu lintas.

“Operasi manajemen dan rekayasa lalu lintas, registrasi dan identifikasi pengemudi dan kendaraan bermotor serta menajemen operasional lalu lintas dengan pelaksanaan pengaturan penjagaan pengawalan dan patroli jalan raya yang bersifat antar daerah,” terangnya.

Lanjut Agung, melalui HUT yang ke 61, komunitas lalu lintas semakain bagus, walaupun masih ada kekurangan tetapi melihat banyak inovasi yang dibuat seperti STNK dan BPKB delivery dan bus gratis sekolah, serta sosialisasi tentang tertib lalu lintas.

“Kita berharap polantas semakin dekat dengan masyarakat dari segala kegiatannya, mulai dari polisi cilik dan polisi PKS,” ucapnya.

Dalam perayaan HUR tersebu Dit Lantas Polda Sultra mendapatkan award terkait dengan masalah sistem pelaporan tentang kegiatan lalu lintas. (p4/nur)

To Top