Rasak Inginkan Pertarungan yang Sehat – Berita Kota Kendari
Headline

Rasak Inginkan Pertarungan yang Sehat

NURSADAH/BERITA KOTA KENDARI PENDAFTAR KEDUA. Bakal Calon Wali Kota Abdul Rasak bersama wakilnya, Haris Andi Surahman menerima maskot Pilkada Kendari dari Ketua KPU Provinsi Sultra Hidayatullah, usai mendaftar sebagai Bakal Calon Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, di Sekretariat KPU Kendari, Kamis (22/9).

NURSADAH/BERITA KOTA KENDARI
PENDAFTAR KEDUA. Bakal Calon Wali Kota Abdul Rasak bersama wakilnya, Haris Andi Surahman menerima maskot Pilkada Kendari dari Ketua KPU Provinsi Sultra Hidayatullah, usai mendaftar sebagai Bakal Calon Pasangan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, di Sekretariat KPU Kendari, Kamis (22/9).

KENDARI, BKK – Bakal Calon Wali Kota Kendari, Abdul Rasak mengimbau para penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah Kota Kendari 2017, terutama Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pilkada, agar menjalankan tugasnya dengan cermat dan penuh tanggungjawab.
Rasak berharap agar Pilkada Kendari berjalan dengan sehat, profesional serta demokratis.

Harapan tersebut disampaikan Rasak kepaada wartawan, usai menyerahkan berkas pencalonannya kepada KPU Kendari di Puuwatu, Kamis (22/9). Rasak datang bersama wakilnya, Haris Andi Surahman beserta pengurus koalisinya yang terdiri atas Partai Golkar dan Partai NasDem. Mereka diantar oleh ribuan pendukung maupun simpatisan.
Rasak menjelaskan, pelaksanaan Pilkada sudah seringkali diwarnai kecurangan yang dilakukan pihak-pihak tertentu. Bahkan tak jarang, penyimpangan justru melibatkan penyelenggara. Kecurangan yang terjadi pun menimbulkan dinamika yang berkepanjangan sehingga mencederai proses Pilkada yang seharusnya berjalan sukses.
“Saya mengatakan itu bukan berarti karena  KPU dan Panwaslu ada niat untuk melakukan pelanggaran. Tapi, paling tidak, saya mengingatkan,” ujar Rasak dengan mimik serius.
Dikatakannya,  Pilkada ini hanyalah bagian kecil yang dilalui dalam proses pemerintahan, bila itu dijalankan sesuai aturan dan undang-undang. Namun bila dalam pelaksanaannya dibarengi dengan kecurangan, maka akan menimbulkan dampak besar yang dapat mengganggu jalannya pemerintahan.
“Olehnya itu, saya titip harapan kepada pihak penyelenggara agar setiap proses dikembalikan ke aturan dan saya akan angkat topi terhadap KPU dan Panwaslu,”ungkapnya.
Sebelum mendaftar ke KPU, pasangan dengan akronim Arrahman ini menggelar deklarasi siap bertarung di pelataran Tugu MTQ Kendari.  Keduanya dikawal ribuan massa dan pengurus partai pengusungnya yakni Golkar dan Nasdem. Mantan Wali Kota Kendari Masyhur Masie Abunawas serta beberapa tokoh masyarakat Kendari lainya  juga nampak hadir.
Mendapat dukungan dari Golkar yang memiliki 4 kursi di DPRD Kendari dan Nasdem  3 kursi, Rasak – Haris memenuhi syarat dukungan partai politik karena memiliki total dukungan 7 kursi sebagai mana jumlah minimal yang dipersyaratkan KPU.
Berkas pendaftaran Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota kendari ini langsung diperiksa satu per satu oleh pihak KPU dan berdasarkan hasil verifikasi, syarat pencalonan keduanya dinyatakan memenuhi syarat. Selanjutnya, KPU akan melakukan  verifikasi syarat calon dan bila terjadi kekurangan maka akan disampaikan secara lisan dan tertulis untuk dilakukan perbaikan dalam waktu tujuh hari kedepan.
“Kami juga memberikan pengantar kepada bapaslon untuk melakukan tes kesehatan dan bebas narkoba,” ujar Divisi Pencalonan KPU Kota Kendari Zainal Abidin. (nur/aha)

To Top