PKPI Tak Penuhi Syarat Dukung Oemar Bakri di Pilkada Buton – Berita Kota Kendari
Suksesi

PKPI Tak Penuhi Syarat Dukung Oemar Bakri di Pilkada Buton

PASARWAJO, BKK – Partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) dikeluarkan dari koalisi partai politik (Parpol) pengusung Bakal Pasangan Calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Buton Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry. Dukungan partai ini dinyatakan tidak memenuhi syarat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat.

Ketua KPU Buton Alimudin menerangkan, berdasarkan hasil verifikasi yang dilakukan pihaknya, surat keputusan (SK) dukungan PKPI terhadap Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry hanya ditandatangani pelaksana Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Sementara aturannya, mesti ditandatangi ketua dan sekretaris DPP depinitif sesuai SK Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM).

“Syarat dari PKPI tidak sesuai dengan SK Kemenkum HAM dan SK dari DPP. Untuk itu kami mengeluarkan PKPI sebagai partai pengusung pasangan Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry, ” Alimudin usai menerima pendaftaran Bapaslon Samsu Umar Abdul Samiun dan La Bakry, Kamis (22/9).

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKPI Kabupaten Buton Ngkaaba Hamid yang hendak diwawancarai menolak berkomentar kepada wartawan. Usai dinyatakan tidak memenuhi syarat mengusung bapaslon tersebut, ia kemudian meninggalkan tempat pendaftaran setelah menandatangani berita acara pengeluaran partainya.

Konsekuesi dikeluarkannya satu partai pengusung pasangan dengan akronim Oemar Bakri itu, mengahruskan pasangan petahana di Pilkada Buton tersebut tidak diperbolehkan lagi memasang atribut PKPI selama tahapan pilkada berjalan.

Namun, keluarnya PKPI tidak mepengaruhi pemenuhan syarat dukungan Oemar Bakri untuk bertarung di Pilkada Buton. Menurut Umar Samiun, tujuh partai pengusungnya yang tersisa saat ini masih menempatkannya memperoleh 80 persen dukungan jumlah kursi dari jumlah kursi legislatif yang ada di DPRD Buton. (k2/nur)

To Top