Gerindra dan PBB Beralih kepada ADP-Sul – Berita Kota Kendari
Headline

Gerindra dan PBB Beralih kepada ADP-Sul

NURSADAH/BERITA KOTA KENDARI RESMI MENDAFTAR. Bakal Calon Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra menyerahkan berkasnya kepada Ketua KPU Kendari, Hayani Imbu, di hari pertama pembukaan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, di Sekretariat KPU Kendari, Rabu (21 /9) kemarin.

NURSADAH/BERITA KOTA KENDARI
RESMI MENDAFTAR. Bakal Calon Wali Kota Kendari, Adriatma Dwi Putra menyerahkan berkasnya kepada Ketua KPU Kendari, Hayani Imbu, di hari pertama pembukaan pendaftaran Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari, di Sekretariat KPU Kendari, Rabu (21 /9) kemarin.

KENDARI, BKK –  Deklarasi Bakal Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Adriatma Dwi Putra – Sulkarnaen diwarnai kejutan. Pasalnya, deklarasi yang dipusatkan di pelataran Tugu MTQ Kendari, Rabu (21/9) ini dihadiri oleh sejumlah pengurus partai di luar partai-partai pengusungnya. Terutama Imran dan Yani Kasim Marewa.

Seperti diketahui, pasangan ini sebelumnya sudah disokong oleh koalisi tiga partai, yakni PAN, PKS dan PKB dengan jumlah total 11 kursi. Namun di acara deklarasi yang dihadiri ribuan orang itu, terlihat juga H Imran serta Yani Kasim Marewa. Seperti diketahui, Imran merupakan Ketua DPD Partai Gerindra Sultra, sedangkan Yani adalah Ketua DPD PBB Kendari.
Gerindra sendiri sebelumnya mendukung Ishak Ismail, bersama PDIP. Sayangnya, DPP PDIP lebih memilih Zayat Kaemoedin alias Derik.
Dalam acara deklarasi tersebut, Imran terlihat duduk di kursi pada deretan terdepan panggung kehormatan, bersama pengurus partai pendukung ADP – Sul. Sementara Yani terlihat duduk di bagian belakang.
Ditemui wartawan, Imran membenarkan partainya akan mengalihkan dukungannya ke ADP – Sul. Alasannya, peluang Ishak Ismail sudah selesai dengan hengkangnya PDIP dari koalisi.
“Dengan tidak adanya kepastian dengan Ishak Ismail, kemungkinan besar Gerindra akan beralih dukungan. Kalau bukan ke ADP, mau ke mana lagi,” jelasnya.
Meski pun begitu, Imran yang tak lain mertua dari ADP itu mengaku sampai kemarin belum ada keputusan dari DPP Partai Gerindra. Tetapi menurutnya, pengurus DPP sudah menyerahkan kepada DPD Partai Gerindra Sultra untuk mengambil keputusan sendiri terkait Pilkada Kendari 2017.
“Sekitar satu atau dua hari ke depan sudah ada keputusan,” tandasnya.
Sementara Yani Kasim Marewa tampil terang-terangan sebagai salah satu orator deklarasi. Dia menyatakan seluruh pengurus PBB di Kota Kendari siap mendukung untuk memenangkan ADP di Pilwali Kendari.
Jika Gerindra dan PBB benar bergabung ke koalisi ADP – Sul, berarti kapasitas mesin politik pasangan ini akan bertambah besar. Jumlah kursinya pun meningkat menjadi 16 kursi dengan rincian 11 kursi sebelumnya, ditambah lima kursi dari Gerindra dan satu kursi dari PBB.
Ini juga menegaskan ADP-Sul memiliki dukungan politik terbesar di Pilkada Kendari, menyusul pasangan Zayat Kaemoedin – Suri Syaharia (12 kursi) dan Abdul Rasak – Haris Andi Surahman (7 kursi).
Adapun ADP menyatakan pihaknya masih membuka diri untuk menerima tambahan dukungan partai politik. Sebab hal itu akan semakin menguatkan pencalonannya.

***

Dalam deklarasi itu tersebut, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Bidang Organisasi dan Kaderisasi Yandri Susanto mengungkapkan, keputusan partainya untuk mengusung ADP karena dianggap mampu membawa Kendari ke arah yang lebih baik, dengan mewarisi kemampuan ayahnya Asrun yang telah terbukti berhasil membangun Kendari.
“Olehnya itu, kader PAN yang ada di Kota Kendari dan di seluruh wilayah Sulawesi Tenggara (Sultra) wajib untuk mendukung ADP – Sulkarnain. Kalau itu tidak dilakukan maka akan diberikan sanksi tegas,” ujar Yandri.
Demikian halnya diungkapkan pengurus sejumlah partai pengusung lainnya, yang berjanji akan menyatukan kekuatan untuk memenangkan ADP – Sulkarnain di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari 2017 mendatang.
Sementara dalam orasi politiknya, ADP menegaskan, jika terpilih nanti, ia akan mewujudkan Kota Kendari sebagai kota yang paling layak huni se Indonesia Timur. Berbagai terobosan yang akan dilakukannya, selanjutnya akan disosialisasikan kepada seluruh masyarakat Kota Kendari .
Usai deklarasi, ADP – Sul diantar ratusan kendaraan roda empat maupun roda dua ke Sekretariat KPU Kendari di Puuwatu. “Hari ini kami menggelar deklarasi dan untuk pertama kalinya saya dengan Sulkarnain tampil di hadapan umum sebagai pasangan calon. Alhamdulillah saya melihat animo masyarakat begitu besar dan akan mengarak kami menuju ke KPU menjadi pendaftar pertama. Ini menjadi bukti keseriusan kami untuk bertarung dan memenangkan Pilwali Kendari,” ujar ADP saat ditemui usai mendaftar di KPU.
ADP memastikan telah mendapatkan dukungan resmi dari partai-partai pengusung, yang dibuktikan dengan surat keputusan (SK) dukungan yang ditetapkan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) masing-masing partai bersangkutan.
ADP – Sul yang merupakan pendaftar pertama diterima oleh Ketua KPU Kendari, Hayani Imbu beserta jajarannya. Usai menerima berkas tersebut, KPU Kendari menyatakan akan melakukan verifikasi syarat calon selama tujuh hari ke depan. Selain itu, pasangan ini harus memeriksakan kesehatan jasmani maupun jiwa serta membuktikan diri bebas narkotika.
“Kami telah menyerahkan pengantar kepada pasangan ADP – Sulkarnain untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan pengambilan keterangan bebas narkoba,” terang salah satu komisioner KPU Kota Kendari Sainal Abidin. (nur/aha)

To Top