Ribuan Mahasiswa Pascasarjana UHO Ikuti Kuliah Umum Staf Khusus KSAU – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Ribuan Mahasiswa Pascasarjana UHO Ikuti Kuliah Umum Staf Khusus KSAU

Supomo (tengah) saat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum membawakan kuliah umum di UHO, Senin (20/9). Foto: (RAJAP/BKK)

Supomo (tengah) saat menyanyikan lagu Indonesia Raya sebelum membawakan kuliah umum di UHO, Senin (20/9). Foto: (RAJAP/BKK)

KENDARI,BKK– Kuliah umum yang dibawakan Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsda TNI Supomo SIP MSc, Selasa (20/9), diikuti ribuan mahasiswa pascasarjana Universitas Haluoleo (UHO).

Kuliah umum yang berlangsung selama kurang lebih satu jam itu, bertempat di gedung pascasarjana UHO, bertema konvergensi teknologi untuk meningkatkan produksivitas masyarakat guna mewujudkan ketahanan daerah.

Dalam materinya, Supomo yang berpangkat bintang dua di lingkungan TNI Angkatan Udara (AU) itu memaparkan, kedepan masyarakat Sulawesi Tenggara (Sultra) bisa menjadi masyarakat yang produktif bukan hanya masyarakat yang konsumtif.

“Pembangunan suatu bangsa atau daerah akan lebih cepat apabila menggunakan sentuhan-sentuhan teknologi apalagi kita lakukan dengan berbagai konvergensi teknologi,” tutur Supomo.

Lebih lanjut Supomo menjelaskan, 70 persen daerah di Indonesia dikuasai sektor pertanian, perikanan dan peternakan. Untuk pengelolaan potensi tersebut dengan baik, tentu diperlukan penguasaan teknologi yang memadai dari sejumlah pihak terkait, termasuk masyarakat.

Ia juga mengungkapkan, ia telah ditawari bantuan dari Universitas Chiba yang merupakan sala satu universitas terkemuka di Jepang. Atas tawaran itu, ia berinisiatif untuk menggandeng UHO bekerjasama di beberapa sektor pembangunan.

“Saya pernah ke Jepang dan ada tawaran dari Universitas Chiba untuk bekerjasama dengan salah satu perguruan tinggi di Indonesia di sektor pendidikan, kerjasama bidang penelitian dan sektor perikanan. Olehnya itu saya berinisiatif untuk menggandeng UHO,” tambahnya.

Diakhir kuliah umum yang dibawakannya, Supomo tidak lupa mendoakan para mahasiswa pascasarjana UHO untuk bisa melanjutkan dan menyelesaikan kuliahnya sampai tingkat tertinggi.

“Dari pandangan saya, para mahasiswa pascasarjana ini sangat bersemangat mendengarkan kuliah umum yang saya bawakan. Saya berharap, paling tidak saya bisa menggugah pemikiran mereka untuk berpikir konfergensi,” kata Supomo.

Sementara Direktur Pascasarjana UHO Sahta Ginting mengatakan, Supomo memang relevan untuk membawakan kuliah umum di hadapan mahasiswa pascasarjana UHO karena ia merupakan lulusan terbaik dari Universitas Teknologi Singapura.

“Setiap tahun ada kuliah umum yang diberikan kepada mahasiswa pascasarjana dan kami menghadirkan pemateri-pemateri yang relevan semoga para mahasiswa dapat termotifasi untuk melanjutkan kuliahnya baik di S2 maupun di S3,” tutur Sahta Ginting. (p8/nur)

To Top