Pemkab Hukum Dua Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg – Berita Kota Kendari
Aktualita

Pemkab Hukum Dua Pangkalan Gas Elpiji 3 Kg

KOLAKA, BKK – Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kolaka menjatuhkan sanksi kepada dua pangkalan gas epiji di dalam kota Kolaka. Hukumannya adalah, tidak diberikan jatah gas.

Sanksi tersebut diberikan menyusul maraknya protes masyarakat terhadap kelangkaaan gas elpiji, terutama ukuran 3 kg. “Setelah kita melakukan ?investigasi, ternyata kelangkaan gas elpiji 3 kg itu berada pada tingkat pangkalan dan pengecer. Makanya dua pangkalan di kota Kolaka kita lakukan pembinaan,” kata Kepala Bidang Migas dan Air Bawah Tanah, Distamben Kolaka, Anhar Mendong, Selasa (20/9).

Menurut Anhar, pembinaan berupa tidak memberikan jatah gas dilakukan supaya mereka tidak melakukan hal itu lagi, sekaligus menjadi contoh bagi pangkalan lain untuk tidak melakukan hal sama. Sebab perbuatan mereka sangat merugikan masyarakat.

“Terkait pengecer, itu merupakan pelanggaran, sebab tidak ada aturannya pengecer menjual gas, tapi yang berhak menjual itu pangkalan yang ada di setiap desa dan kelurahan,” kata Anhar.

Mahalnya harga gas elpiji 3 kg dinilai Anhar akibat adanya ruang yang diberikan masyarakat dengan tidak mau membeli di pangkalan, tapi terbiasa membeli di kios-kios yang ada didekat rumahnya.

Begitupun penjual gas karena sudah terbiasa menjual dengan harga mahal, mereka tidak mau menurunkan lagi, meski sudah mendapat untung besar.

Sementara warga Pomalaa hingga desa Sopura, mengeluhkan masih terjadinya kelangkaan gas elpiji 3 kg. Itupun kalau ada harganya antara Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu. Sementara kalau mengacu pada Harga Eceran Tertinggi (HET) itu hanya Rp 17.900.

“Telah terjadi penyimpangan terhadap harga gas elpiji dari harga sebenarnya. Disini dijual bervariasi antara Rp 30 ribu hingga Rp 40 ribu,” kata salah seorang warga Sopura Adi Ariadi.

Karena itu, Adi berharap pemerintah segera menyikapi hal ini, sebab menyangkut hajat masyarakat banyak dengan menindak oknum yang bermain dalam kelangkaan gas elpiji. (cr3)

To Top