Pendidikan

Kepala Infokom Baubau Ajak Masyarakat Tingkatkan Minat Baca

BAUBAU, BKK – Kepala Badan Komunikasi Informasi Perpustakaan Arsip dan Pengolahan Data (Infokom dan PDA) Kota Baubau Idrus Taufiq Saidi, mengajak masyarakat setempat untuk meningkatkan minat baca.

Kata Idrus, Pemerintah Kota (Pemkot) Baubau telah menyiapkan sejumlah perpustakaan daerah dan perpustakaan di sejumlah kantor kelurahan. Fasilitas tersebut sengaja diadakan agar masayarakat dapat memanfaatkannya untuk memiliki tambahan pengetahuan dari membaca.

“Banyak hal untuk dibaca, kita membaca kondisi di lingkungan kita, membaca apa yang ada dalam diri kita. Jangan sampai kita terus mengeluh, padahal apa yang ada dalam diri kita memang tidak mampu untuk menjalani hal yang kita keluhkan,” ujar Idrus saat menghadiri kegiatan sarasehan pembangunan di Kelurahan Kalia-lia, Kecamatan Lea-lea, Baubau, Selasa (20/09).

Perpustakaan kata Idrus, merupakan jendela dunia dan membaca adalah kunci memperoleh pengetahuan. Dengan memiliki pengetahuan yang memadai, masyarakat akan lebih mudah dalam menjalani kehidupan.

Ia juga memaparkan, keberadaan perpustakaan yang digunakan dengan maksimal akan mengantarkan perpustakaan tersebut meraih prestasi. Salah satu contohnya perpustakaan Kelurahan Sukanaeyo yang menjadi juara I perpustakaan tingkat nasional, menjadi kebanggaan tersendiri untuk masyarakat Kota Baubau.

Di tempat yang sama, Camat Lea-Lea Samsuri mengatakan, dengan adanya Badan Kominfo yang telah memberikan dukungan dan motivasi untuk peningkatan minat baca dengan menyiapkan buku-buku, kini kelurahan Kalia-lia memiliki ruang baca. Ia mendorong agar minat baca masyarakatnya dapat meningkat dengan memanfaatkan fasilitas yang ada.

Salah satu pemateri sarasehan pembangunan dari Badan Kominfo Baubau Sitti Muliyati Arsyad menyebutkan, berdasarkan penilaian badan UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah, yakni 0,0001 persen. Kondisi itu justru menjadi perhatian tersendiri, utamanya di Kota Baubau.

“Untuk itu perlu ada upaya untuk meningkatkan minat baca dalam diri sendiri dan keluarga. Alokasikan waktu membaca 10 sampai 15 menit per hari,” tuturnya. (k2/nur)

To Top