Gubernur Sultra Teken MoU Pembangunan Kendari New Port – Berita Kota Kendari
Beranda

Gubernur Sultra Teken MoU Pembangunan Kendari New Port

Gubernur Sultra menandatangani MoU pembangunan Kendari New Port, Selasa (20/9). Foto : Rahmat/ BKK

Gubernur Sultra menandatangani MoU pembangunan Kendari New Port, Selasa (20/9). Foto : Rahmat/ BKK

KENDARI, BKK- Memorandum Of Understanding (MoU) Kendari New Port berupa pembangunan pelabuhan baru di Bungkutoko, Kendari, resmi diteken Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam, Selasa (20/9).

Kepala Dinas Perhubungan Komunkasi dan Informasi (Dishubkominfo) Sultra Hado Hasina mengungkapkan, Kendari New Port yang akan dibangun oleh PT Pelindo itu, merupakan mega proyek yang dicanangkan untuk 24 pelabuhan strategis yang akan dibangun di Seluruh Indonesia.

“Kendari New Port ini adalah perluasan pelayanan pelabuhan yang ada di Kota Kendari yang saat ini memiliki banyak terminal,” ungkap Hado saat ditemui di Aula Kantor Gubernur Sultra.

Kendari New Prot yang ditergetkan selesai 2019 mendatang, menurut Hado, akan menjadi salah satu pelabuhan elit untuk wilayah Indonesia Timur.

Manager SDM dan Umum PT Pelindo IV Cabang Kendari Alfian Achamd mengungkapkan, pengerjaan proyek Kendari New Port ini akan menghabiskan anggaran sebanyak Rp 635 miliar yang bersumber dari anggaran Penyertaan Modal Nasional (PMN).

“Pengerjaan proyek ini akan dimulai triwulan keempat 2016 dan akan menjadi tanggung jawab PT Pelindo sampai selesai,” ungkar Alfian.

Alfian juga menambahkan, segala urusan administrasi untuk pengerjaan proyek tersebut telah tuntas. Mengenai penyelesaian Analisis Mengenai Dampak Lingkungan (Amdal) tinggal menunggu hasil dari Kementrian Lingkunan Hidup (KLH).

“Karena sudah diteken oleh semua instansi yang terkait dalam pembangunan Kendari New Port ini, maka pembangunannya akan segera dimulai pada akhir tahun ini dan direncakan akan selesai sesuai jadwal yang telah ditetapkan, ” pungkasnya. (p7/nur)

To Top