Kasuistika

Ada Polisi yang Tak Punya SIM

LA ODE ONO/BERITA KOTA KENDARI PERIKSA KELENGKAPAN. Wakapolda Sultra, Kombes Pol Heru Teguh Prayitno memeriksa kelengkapan administrasi salah seorang polisi, saat melakukan sidak kendaraan operasional di halaman Mapolda Sultra, Selasa (20/9).

LA ODE ONO/BERITA KOTA KENDARI
PERIKSA KELENGKAPAN. Wakapolda Sultra, Kombes Pol Heru Teguh Prayitno memeriksa kelengkapan administrasi salah seorang polisi, saat melakukan sidak kendaraan operasional di halaman Mapolda Sultra, Selasa (20/9).

KENDARI, BKK- Usai apel pagi, Wakapolda Sultra Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Heru Teguh Prayitno melakukan inspeksi mendadak di halaman Polda. Dia mengecek kelengkapan administrasi kendaraan dinas masing-masing satuan maupun para operatornya.

Sasaran pemeriksaan kendaraan meliputi kelengkapan administrasi kendaraan baik roda dua, roda empat maupun roda enam berupa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan SIM pengemudi.

Wakapolda bahkan dengan teliti memeriksa kelengkapan kendaraan seperti helm, spion, serta kelengkapan kendaraan lainnya. Tidak lupa kondisi mesin kendaraan hingga kebersihan kendaraan turut diperiksa.

Dalam sidak itu, Wakapolda didampingi oleh Irwasda Kombes Pol Novy Ermansyah, Karo Ops Kombes Pol Yosi Haryoso, Karo Sarpras Kombes Pol Gamal Sudarto, Kabid Propam AKBP Agoeng A. Koerniawan serta Kabid Humas AKBP Sunarto.

Yang menarik adalah saat Wakapolda memeriksa kelengkapan surat para anggota. Ternyata, ada beberapa anggota yang tak punya SIM. Ada pula yang SIMnya sudah lewat masa berlakunya.

“Yang lalai tanpa SIM dan STNK, akan kami laporkan ke Sarpras untuk ditindaklanjuti,” kata Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Sunarto.

Dia melanjutkan, pemeriksaan ini bertujuan untuk memastikan kendaraan operasional serta operatornya itu siap melayani masyarakat. Total keseluruhan kendaraan dinas yang dimiliki Polda Sultra yaitu roda dua sebanyak 205 unit, roda empat sebanyak 106 unit, dan roda 6 sebanyak 24 unit.

Dari hasil sidak tersebut, Wakapolda menemukan masih ada kendaraan yang sebenarnya sudah tidak layak digunakan beroperasi. Beberapa kendaraan yang tidak laiyak pakai akan diusulkan akan dihapuskan (p4/aha).

To Top