Wagub : Pemprov dalam Kondisi Stabil – Berita Kota Kendari
Headline

Wagub : Pemprov dalam Kondisi Stabil

KENDARI, BKK- Setelah hampir sebulan ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi, Gubernur Sulawesi Tenggara, Nur Alam sangat jarang terlihat di kantornya. Selama ini, urusan pemerintahan dijalankan oleh Wakil Gubernur Sultra, Saleh Lasata.

Meski gubernur jarang hadir, Saleh Lasata meyakinkan bahwa aktivitas Pemprov Sultra masih berjalan seperti biasanya. Program dan kegiatan yang sudah direncanakan sebelumnya tetap akan berjalan.

“Pemprov dalam kondisi yang sangat stabil. Kinerja kami tidak terganggu meski beliau belum bisa terlalu aktif masuk kantor,” kata Saleh yang ditemui wartawan usai menghadiri acara Hari Perhubungan Nasional di Pelabuhan Peti Kemas, Bungkutoko, Kendari, Senin (19/9).
Saleh menjelaskan, sebelum terbelit persoalan hukum, Gubernur Nur Alam memang lebih banyak menghabiskan waktunya di luar. Selain mengurus kepentingan provinsi, dia juga sedang menyelesaikan program doktoralnya di salah satu perguruan tinggi di Jakarta.

Meski demikian, Nur Alam masih selalu menyempatkan diri untuk menghadiri agenda-agenda pemerintah, terutama yang acaranya melibatkan masyarakat banyak. Hanya saja, sejak ditetapkan sebagai tersangka, otomatis gubernur dua periode ini harus tersita waktunya untuk mengurus persoalan hukumnya.

“Tetapi menurut saya, hal ini tak perlu dipermasalahkan. Selama ini, roda pemerintahan tetap berjalan dengan normal. Beliau juga masih biasa memantau,” katanya.
Saat ini, Pemprov tengah memasuki agenda yang sangat penting, yakni pembahasan Rancangan APBD Perubahan tahun anggaran 2016. Menurutnya, meski gubernur tidak bisa memantau secara langsung, namun pembahasan RAPBD-P 2016 bersama DPRD Sultra tetap berjalan dengan normal.

Dia pun balik bertanya kepada wartawan apakah pernah mendapati adanya masalah pada kinerja Pemprov meski Nur Alam jarang aktif, karena tak ada jawaban, Saleh pun menjawab, “Kalian rasakan sendiri kan, bagaimana keadaan pemerintahan sekarang. Tetap stabil,” ulangnya.
Saat ditanya kapan Gubernur akan kembali aktif di pemerintahan, Saleh mengaku tak bisa memperkirakan. Apalagi, saat ini gubernur dikabarkan sakit.
“Mengenai penyakit gubernur, saya tidak tahu seperti apa karena saya bukan dokter,” tutupnya. (p7/aha)

To Top