Sebelum 2017, Warga Baubau Semua Sudah Miliki e-KTP – Berita Kota Kendari
Aktualita

Sebelum 2017, Warga Baubau Semua Sudah Miliki e-KTP

Ilustrasi

Ilustrasi

BAUBAU, BKK – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Baubau optimis sebelum 2017, seluruh warga yang wajib memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP), sudah memiliki KTP Elektronik atau e-KTP. Hingga akhir Agustus 2016 tercatat ada sebanyak 14 ribu lebih warga wajib KTP di Kota Baubau belum memiliki e-KTP.

Kepala Disdukcapil Kota Baubau, Hj Wa Ode Nahrat ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (19/9) mengatakan, sejak awal September, rata-rata 200 warga dilayani untuk pembuatan e-KTP dalam satu hari. Apalagi saat ini, dua kantor kecamatan yakni Kantor Kecamatan Wolio dan Betoambari juga sudah dimanfaatkan untuk melakukan perekaman e-KTP. Padahal, kata dia, dari delapan kecamatan yang ada, hanya dua kantor kecamatan itu yang alat perekaman e-KTP masih dapat difungsikan, sementara yang lainnya rusak.

“Sebenarnya yang di dua kecamatan itu juga rusak, tapi alat perekaman mereka masih bagus. Misalnya di Wolio ndak ada kameranya, ya kita pinjamkan di kecamatan yang kameranya masih bagus. Begitu juga di Betoambari, kita manfaatkan alat yang dari kecamatan lain yang masih bagus,” tuturnya.

Untuk kantor Kecamatan Wolio baru mulai aktif sejak seminggu terakhir, sedangkan di kantor Kecamatan Betoambaru baru dimulai 16 September. Kedua kantor kecamatan itu hanya dimanfaatkan untuk perekaman e-KTP, sedangkan percetakan tetap masih dilakukan di Kantor Disdukcapil.

Nahrat mengatakan, sejak dimanfaatkannya dua kantor kecamatan itu, kini dalam sehari perekeman e-KTP bisa mencapai 350 orang. Untuk itu dia yakin sebelum tahun 2017, seluruh warga wajib KTP Baubau sudah memegang e-KTP.

Terkait dengan ditambahnya batas waktu pembuatan e-KTP, Disdukcapil Baubau sama sekali belum mendapatkan surat resmi pemberitahuan tersebut dari pemerintah pusat. Meski demikian, dia masih tetap mengimbau kepada masyarakat untuk datang mengurus e-KTP sebelum tanggal 30 September bulan ini. “Belum ada surat edaran resmi bahwa katanya ada perpanjangan atau apa,” akunya. (k2)

To Top