Liga Santri Nusantara 2016 Region Sulawesi II Dibuka – Berita Kota Kendari
Beranda

Liga Santri Nusantara 2016 Region Sulawesi II Dibuka

Suasana Pembukaan Liga Santri Nusantara 2016 Region Sultra II. (Yasir/BKK)

Suasana Pembukaan Liga Santri Nusantara 2016 Region Sultra II. (Yasir/BKK)

KENDARI, BKK – Liga Santri Nusantara 2016 Region Sulawesi II yang dihelat kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang bekerja sama dengan Nahdatul Ulama (NU) resmi dibuka, Senin (19/9).

Ketua panitia liga santri nusantara Abdul Rajab mengatakan, liga untuk wilayah Sulawesi dengan nama Region Sulawesi II mestinya diikuti dua daerah yakni Sulawesi Tenggara (Sultra) dan Sulawesi Tengah (Sulteng). Namun, pesantren-pesantren yang ada di Sulteng tidak ada yang mengikuti kegiatan ini, sehingga yang berpartisipasi hanyalah Sultra.

“Perhelatan Liga Santri Nusantara ini akan dihelat pada 19 sampai 27 September 2016,” jelas Abdul Rajab kepada wartawan Harian Baerita Kota Kendari (BKK).

Untuk di Sultra, kata dia, dibagi lagi untuk wilayah daratan dipusatkkan di Kota Kendari. Sedangkan wilayah kepulauan dipusatkan di Kabupaten Muna.

“Total klub yang bertanding dalam Liga Santri untuk Region II terdiri atas 10 klub yakni Mintul FC, PS Simanawa, Subulussalam FC, FC Khairu Ummah, Al-Ikhlas FC, Ponpes Raudhatul Jannah, Al-Muda FC, dan PS Ummusahbri,” rincinya.

Nantinya, klub yang berhasil menjadi juara satu pada Region II ini, akan mewakili Region Sulawesi II di Jakarta mendatang.

“Mengenai usia pemain, dibatasi maksimal kelahiran 1999 atau 18 tahun,” pungkasnya.

Sementara itu, Koordinator Region Sulawesi II Abu Umayah menambahkan, liga santri yang dihelat kali ini merupakan perhelatan yang kedua kalinya. Sebelumnya 2015 lalu, juga pernah dihelat di Lapangan Lakidende Kendari.

“Liga Santri diharapkan bisa melahirkan bibit-bibit atlet muda yang berasal dari pemuda pesantren. Apa lagi selama ini banyak yang beranggapan bahwa pesantren hanya mampu ngaji,” paparnya.

Liga Santri, tambahnya, juga dilakukan dengan tujuan untuk mempererat silaturahmi sesama santri. (m3-p9/nur)

To Top