Suksesi

KPU Kota Lakukan Sosialisai PPDP di Sekolah-Sekolah

KENDARI, BKK- Memastikan pemilih pemulah ikut andil dalam perhelatan pemilihan wali (pilwali) Kota Kendari 2017 nanti, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari lakukan sosialisai pemutakhiran data daftar pemilih disetiap sekolah se Kota Kendari.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu menjelaskan, kegiatan sosialisai ini dalam rangka memastikan setiap pemilih pemula memenuhi syarat untuk ikut terdaftar menjadi pemilih, sehingga semua yang memiliki hak menyalurkan suara bisa terakomodir.

“Target kita adalah, untuk memastikan setiap pemilih sudah terdaftar atau tidak oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) khususnya pemilih pemula,” terangnya saat ditemui usai sosialisai di SMAN 3 Kendari, Senin (19/9).

Ia melanjutkan, kegitan sosialisasi ini akan dilakukan selama dua puluh hari, sejak 19 September hingga 6 Oktober 2016. Dimana untuk hari pertama sosialisasinya dilakukan di SMAN 3 Kendari dan SMA DDI Kendari.

“Hari ini (red-Senin) kita sudah lakukan sosialisasi di SMKN 3 Kendari dan SMA DDI Kendari, ditambah dengan dialog bersama tokoh masyarakat di Kantor Camat Kendari,” jelasnya.

Apalagi, masih kata dia, jumlah pemilih pemula mencapai 15 ribu berdasarkan data DP4. Berkaitan dengan hal ini, maka sudah menjadi tugas wajib KPU memastikan semua pemilih pemula terdaftar.

“Acuan kita adalah DP4, dan untuk pemilih pemula sesuai DP4 berjumlah 15 ribu orang. Untuk memastikan semuanya terdaftar, olehnya itu kita lakukan kroscek di setiap sekolah,” tukasnya.

Hayani juga menegaskan, dalam rangka pemutakhiran data pemilih ini, KPU akan memastikan semua yang memiliki hak suara terdaftar sebagai pemilih, baik yang berada di lembaga pemasyarakatan (Lapas), rumah tahanan (Rutan) dan rumah sakit.

“Kita akan pastikan semua terdaftar, hanya saja untuk lapas, rutan dan rumah sakit akan beda perlakuan karena bukan PPDP yang akan mendata,” pungkasnya.(m2/nur)

To Top