Biaya Sampul Raport di MAN 1 Kolaka Dianggap Beratkan Siswa – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Biaya Sampul Raport di MAN 1 Kolaka Dianggap Beratkan Siswa

LASUSUA, BKK – Banyaknya bantuan pendidikan yang di kucurkan pemerintah pusat dan daerah dengan program pendidikan gratis, sepertinya belum mampu memberikan kebebasan siswa untuk tidak membayar biaya sekolah dengan biaya yang memberatkan.

Seperti siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kabupaten Kolaka Utara (Kolut), harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pembuatan sampul raport sebesar Rp 75 Ribu. Hal inipun dianggap memberatkan, khususnya bagi siswa yang kurang mampu.

“Ini sangat berat pak. Bagi saya yang orang tua penghasilan pas-pas biaya sampul raport ini sangat besar,”kata salah satu siswa MAN 1 Kolut   yang minta untuk tidak disebutkan namanya.

Kepala MAN 1 Kolut Kadar yang di temui di ruang kerjanya, Senin (19/9), seakan tidak terima saat ditanya mengenai biaya pembuatan sampul raport tersebut. Namun, ia menjelaskan, sejak Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006 berubah ke kurikulum 2013, semua sekolah diwajibkan untuk menggunakan sampul yang dicetak khusus tersebut.

“Apa haknya wartawan tanyakan itu. Saat ini kelas 3 masih memakai kurikulum KTSP sementara kelas 1 dan dan kelas 2 sudah memakai kurikulum K13,jadi kita ganti sampulnya sudah memakai sistem aplikasi,” ujar Kadar dengan nada marah saat di komfirmasi.

Ia memaparakan, biaya pembuatan sampol raport tersebut dibebankan kepada siswa karena sekolah tidak bisa membiayainya.

“Jauh sebelumnya, saya sudah sampaikan kepada guru kurikulum untuk disampaikan kepada siswa dan disampaikan kepada orang tuanya, namun mereka setuju dan tidak ada komplain untuk biaya tersebut,” pungkasnya.

Sampul tersebut, lanjutnya, bukanlah sampul biasa dan dicetak khusus di Makassar yang terbuat dari bahan kulit, lengkap dengan logonya dan lebih praktis.

“Kita disini (Kolut-Red) yang pertama kali pakai sampul itu, karena waktu studi di Malang semua siswa sudah memakainya,jadi kita terapkan disini dan itu lebih aman,kedap air dan tahan lama,” bebernya. (k2/nur)

To Top