Arsalim Optimis Konsel Wakili Sultra Lomba P2WKSS Nasional – Berita Kota Kendari
Beranda

Arsalim Optimis Konsel Wakili Sultra Lomba P2WKSS Nasional

Andoolo, BKK – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan melalui Wakil Bupati Konsel, Dr H Arsalim Arifin optimis wilayah pemerintahan yang saat ini dinakhodainya akan memenangkan lomba Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS). Optimisme itu diungkapkannya saat memberikan sambutan di acara tatap muka dengan tim penilai lomba P2WKSS tingkat kabupaten/kota se-Sultra di Desa Pelandia, Kecamatan Buke, akhir pekan lalu.

“Dengan upaya maksimal yang telah kami lakukan, saya optimis Konsel melalui Desa Pelandia oleh tim penilai akan didaulat menjadi yang terbaik dan akan mewakili Sultra di tingkat nasional,” katanya yang disambut aplaus dari warga masyarakat yang menghadiri acara yang dihelat di aula kantor Desa Pelandia, Sabtu (17/9) lalu.

Rasa optimisme itu muncul setelah dirinya melihat perkembangan yang cukup signifikan di desa tersebut. Baik infrastruktur  maupun potensi kerajinan lokal yang ada pasca ditetapkannya ini sebagai desa binaan yang akan mengikuti program P2WKSS.

“Target juara satu, karena  kita sudah mempersiapkan segala sesuatunya terkait apa yang dinilai. mulai dari kesehatannya, lingkungannya, dan aspek lain yang berhubungan dengan lomba ini,” katanya.

Ditambahkannya, pihaknya sudah persiapkan Desa Pelandia selama dua tahun dalam mewakili kabupaten. “Desa ini kan desa terbelakang, setelah kita intervensi mulai kelihatan hasilnya dan layak wakili daerah. Intinya sebenanarnya ini adalah mendorong peran perempuan dalam pembangunan keluarga sehat sejahtera,” tambahnya.

Ketua tim penilai lomba P2WKSS Sultra, Zuldin Kasim mengungkapkan, pelaksanaan pembinaan Program P2WKSS memiliki sasaran utama yakni para  Kader Desa, Tokoh Masyarakat, Toko Agama dan Seluruh Masyarakat dengan prioritas Program warga di desa masing-masing yang terpilih menjadi desa binaan.

“Sehingga dapat mewujudkan kesejaterahaan keluarga bahagia seperti yang diharapkan masyarakat maupun pemerintah,” ungkapnya.

Adapun kriteria Penilaian dalam Lomba P2WKSS tersebut meliputi, Posyandu, Tanaman Obat Keluarga, serta Sepuluh Program Pokok PKK. “Kriteria penilaian itu dijabarkan dengan melihat usaha peningkatan pendapatan warga binaan dengan memberikan keterampilan berbasis potensi lokal,” jelasnya.

Sementara  di bidang kesehatan, lanjut dia, bagaimana warga menerima pembinaan Kader Posyandu, Pelayanan KB dan Penyuluh Kesehatan. “Begitu juga biidang pertanian yakni peran instansi terkait dalam memberikan stimulan dengan harapan warga mampu meningkatkan pendapatannya,” tambahnya.
Pria yang juga kepala Badan Pemberdayaan Perempuan tingkat Provinsi ini menambahkan, Desa Pelandia adalah yang  ketiga dari 15 desa yang telah disasar dalam menyeleksi perwakilan P2WKSS.
“Lomba tingkat nasional akan dilaksanakan pada Desember mendatang. kami berharap desa ini bisa terpilih. Karena kami lihat masyarakat sangt antusias dan kami cukup apresiasi,” tandasnya. (k8)

To Top