Raperda Pembentukan Perangkat Daerah Diserahkan – Berita Kota Kendari
Beranda

Raperda Pembentukan Perangkat Daerah Diserahkan

BURANGA, BKK – Bupati  Buton Utara (Butur) Abu Hasan menyerahkan rancangan peraturan daerah (Raperda) tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah ke Ketua DPRD, Muh Rukman Basri Zakariah. Penyerahan ini digelar dalam rapat paripurna di ruang sidang gedung serba guna sekretariat DPRD, Jumat (16/9).

Abu Hasan menyampaikan, sebagai upaya mengakomodasi dinamika kepentingan yang berkembang dalam pemerintahan daerah, sejak reformasi sampai sekarang telah terjadi tiga kali perubahan fundamental dalam undang-undang. Subtansi pengaturan tersebut sesuai regulasi yang meliputi hubungan pemerintah pusat dan daerah. Baik penyelenggaraan pemerintahan daerah, urusan pemerintahan, pembinaan dan pengawasan, penataan daerah, perangkat daerah, keuangan daerah, maupun pengembangan demokrasi lokal.

“Aspek-aspek inilah yang dianggap penting untuk diatur, sehingga penyelenggaraan desentralisasi memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat di daerah,” katanya.

Perlu dipahami, lanjut pria yang pernah menjabat Kabiro Ortala Pemprov Sultra ini, ada dua kelembagaan penting yakni kelembagaan untuk pejabat politik, yaitu DPRD dan  kelembagaan untuk pejabat karier terdiri atas perangkat daerah berupa dinas.

Kedua kelembagaan ini, menurut dia, sejatinya merupakan fokus dalam upaya penataan dan perbaikan sehingga berada dalam koridor penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi ditetapkan. Sehubungan dengan Raperda tersebut, Abu Hasan menyampaikan bahwa setiap urusan pemerintahan daerah harus dilaksanakan oleh suatu organisasi perangkat daerah dengan bentuk dan jenis tertentu, tidak setiap penanganan urusan pemerintahan daerah harus dibentuk ke dalam organisasi tersendiri,” katanya.

“Ini dilakukan berdasarkan karakteristik dan kebutuhan daerah. Dengan organisasi yang tepat bentuk, tepat fungsi, dan tepat ukur. Sesuai karateristik dan kebutuhan, maka pelayanan publik diharapkan dapat dilaksanakan secara efektif dan efisien,” imbuh dia.

Menyikapi kodisi tersebut, maka susunan perangkat daerah Kabupaten Butur terdiri atas unsur Sekretaris Daerah (Sekda) dibawahi dalam sekertariat daerah, dan sekertariat DPRD unsur pelaksana urusan pemerintahan yang diserahkan kepada daerah di wadahi dalam dinas daerah. Kemudian, unsur pelaksana fungsi penunjang urusan pemerintahan daerah diwadahi dalam badan daerah. Selanjutnya, unsur penunjang yang khusus melaksanakan fungsi pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah diwadahi dalam inspektorat.

“Serta kecamatan sebagai perangkat daerah yang bersifat kewilayahan untuk melaksanakan fungsi koordinasi kewilayahan dan pelayanan tertentu yang bersifat sederhana dan intensitas tinggi,” jelasnya.

Sebagaiman Raperda yang diajukan itu, orang nomor satu di Butur ini mengharapkan kepada Legislatif untuk segera dibahas dan di proses sehingga menjadi sebuah peraturan daerah (Perda).”Karena ini semua akan menjadi dasar hukum dan pedoman dalam rangka menjalankan fungsi pelayanan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan,” harapnya.

Dalam rapat paripurna tersebut, dihadiri 12 anggota DPRD Butur, dan beberapa pejabat Wakil Bupati, Sekda, staf Ahli dan sejumlah pimpinan SKPD. (k5/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top