KPU Mantapkan Syarat Pendaftraan Cawali Kota Kendari – Berita Kota Kendari
Beranda

KPU Mantapkan Syarat Pendaftraan Cawali Kota Kendari

KENDARI, BKK- Dalam rangka penetapan syarat calon wali kota dan wakil wali kota yang akan bertarung di Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari 2017 mendatang yang pendaftarannya tinggal sepekan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat, Jumat (16/9), menggelar rapat koordinasi bersama perwakilan bakal pasangan calon (Bapaslon), partai politik (Parpol) dan instansi terkait.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu ditemui usai kegiatan menjelaskan, rapat koordinasi yang dilakukan tersebut, lebih pada persoalan teknis pendaftaran calon dengan memantapkan syarat pendaftaran yang merujuk pada PKPU baru.

“Dalam rapat ini kita sudah menetapkan beberapa syarat pendaftaran, dengan merujuk pada PKPU baru dan ini disetujui oleh semua peserta yang hadir,” terangnya.

Ia melanjutkan, syarat pendaftaran itu sendiri yakni terbagi dua. Pertama, setiap paslon harus memiliki dukungan partai minimal tujuh kursi dan yang kedua, setiap paslon harus melengkapi berkas pendaftaran sesuai dengan syarat yang ditentukan.

“Syarat dalam kelengkapan berkas pendaftaran meliputi, bebas dari hutang, tidak sedang menjalani proses hukum, tidak bermasalah dalam persoalan pajak, memiliki keterangan tidak failid, sehat jasmani dan rohani serta bebas dari narkoba,” jelasnya.

Hayani memaparkan, dalam persyaratan ini masing-masing dikeluarkan instansi terkait, seperti bebas dari Narkoba dikeluarkan BNNK, kemudian sehat jasmani dan rohani dikeluarkan Dinas Kesehatan Kota Kendari. Selanjutnya bebas dari hutang dikeluarkan Pengadilan Negeri (PN) Kendari, untuk persoalan tidak menjalani proses hukum dikeluarkan pihak Polres Kendari dan keterangan tidak failid dikeluarkan Pengadilan Niaga Makassar.

“Syarat ini wajib untuk dipenuhi dan kita sudah melakukan koordinasi dengan semua instansi terkait, sehingga kemungkinan memanipulasi berkas tidak bisa dilakukan,” pungkasnya.

Dalam rapat ini juga dihadiri tiga perwakiilan tim bapaslon yakni perwakilan tim Adriatma Dwi Putra (ADP)- Sulkarnain, kemudian perwakilan Abdul Rasak – Haris Andi Surahman dan perwakilan Zayat Koemueddin – Suri Saharia.(m2/nur)

Click to comment
To Top