Dapat SK Menteri, Koperasi TBM Resmi Pimpin TKBM Bungkutoko – Berita Kota Kendari
Beranda

Dapat SK Menteri, Koperasi TBM Resmi Pimpin TKBM Bungkutoko

pelabuhan-bungkutokoKENDARI, BKK – Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) Pelabuhan Bungkuoto resmi dipimpin Koperasi Tunas Bangsa Mandiri (TBM) , setelah mendapat surat keputusan bersama (SKB) dan surat keputusan (SK) Kementrian Perhubungan RI nomor 60.

“Secara tidak langsung kami sudah mempunyai payung hukum untuk memimpin TKBM Pelabuhan Bungkutoko setelah mendapatkan SK dari Kementrian Perhubungan Pusat,,” terang Ketua Badan Pengawas Koperasi TBM Mudasir, saat ditemui di kediamannya, Jumat (16/9).

Dikatakannya, penunjukan Koperasi TBM untuk mengelolah Pelabuhan Bungkutoko karena berdasarkan Undang Undang dan peraturan pemerintah, koperasi inilah yang memenuhi syarat. Dengan begitu, pihaknya pun telah siap menjalankan tugas untuk menangani TKBM di pelabuhan tersebut.

Setelah mendapatkan SK dari Kementrian, kami siap 100 persen untuk mengelola TKBM di Pelabuhan Bungkutoko.,” jelasnya.

Lanjutnya, untuk pengoperasian TKBM Pelabuhan Bungkotoko, saat ini pihaknya telah menyiapkan 516 orang tenaga kerja yang telah teregister dan sesuai rekomendasi Dinas Ketenagakerjaan Kendari.

“Untuk tahap awal memang baru 180 orang yang akan mulai dipekerjakan. Namun semuanya sudah tuntas dan merupakan tenaga kerja baru yang juga telah menyelesaikan pendidikan tenaga kerja,” ujarnya.

Selain itu, sambungnya, gaji tenaga kerja sepenuhnya berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan nomor 35. Tahun 2007.

“Gaji kami sesuaikan dengan SK Menteri dan dalam TKBM Pelabuhan Bungkutoko itu saat melakukan pekerjaan bongkar muat, tidak memakai sistem cadangan seperti yang dilakukan oleh TKBM Pelabuhan Nusantara sebelumnya karena sudah diatur dalam surat keputusan bersama,” pungkasnya.

Sebelumnya, sempat terjadi polemik, dimana Koperasi Karya Mandiri dan Koperasi TBM saling klaim untuk mengelolah TKBM Pelabuhan Bungkutoko. Namun kemudian, berdasarkan SK Kementerian Perhubungan tersebut , penunjukan langsung Koperasi TBM dilakukan Kepala Syahbandar Kendari Akhriadi, melalui rapat bersama pihak Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari dan Kepolisian, Rabu (14/9) kemarin. (p5/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top