Tinggal Sepekan, PDIP belum Tentukan Dukungan – Berita Kota Kendari
Suksesi

Tinggal Sepekan, PDIP belum Tentukan Dukungan

indexKENDARI, BKK– Jadwal pendaftaran Pasangan Calon Wali Kota dan Wali Kota Kendari tinggal sepekan lagi. Namun sampai saat ini Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan belum menetapkan figur yang akan diusungnya dalam Pemilihan Wali Kota Kendari 2017 itu.

     Seperti diketahui, sejauh ini ada dua figur berpotensi untuk mendapatkan mandat dari partai yang dipimpin Megawati Soekarno Putri itu. Yakni Muhammad Zayat Kaimoeddin (Derik) dan Ishak Ismail.
Belum keluarnya surat keputusan mengenai pengusungan calon wali kota ini pun mulai menimbulkan spekulasi jika PDIP kemungkinan akan mengusung Ishak Ismail. Pasalnya, Derik belakangan ini terus diganggu dengan kasus korupsinya di masa lalu.
Menanggapi hal tersebut, Ketua DPC PDIP Kendari Alwi Genda menyatakan tak ada yang mengetahui ke mana arah dukungan DPP PDIP sebelum keluarnya keputusan resmi dari pusat. Tetapi dia membenarkan kalau peluang Ishak untuk mendapatkan dukungan PDIP masih terbuka.
Dia menjelaskan, dengan masa lalu hukum yang sempat membelit Derik, bisa saja DPP PDIP menjadikannya sebagai pertimbangan. Apalagi, petinggi DPP PDIP pernah menegaskan PDIP tidak akan mengusung calon yang pernah tersangkut dengan kasus korupsi.
“Kalau yang dikatakan Sekjen itu benar, maka yang punya peluang adalah Ishak,” terangnya.
Meski demikian, Alwi yang digadang-gadang sebagai wakil Ishak Ismail tidak menyangkal bahwa peluang Derik untuk mendapatkan dukungan PDIP juga masih terbuka. Pasalnya, hanya Derik yang dipanggil mengikuti sekolah kepartaian yang nota bene hanya diikuti oleh figur yang akan diusung PDIP dalam Pilkada.
Disinggung apakah belum turunnya SK dari DPP PDIP menandakan akan ada perubahan dukungan, Alwi tak mau berspekulasi. Dia mengatakan, pihaknya pun masih menunggu seperti apa hasil akhir dari keputusan pihak DPP PDIP tentang Pilkada Kendari ini.
“Kita ini sudah jelaskan ke DPP bagaimana kekuatan dua balon ini di Kota Kendari, baik itu kelemahan atau keunggulan mereka dari berbagai indikator. Sisanya, mereka yang putuskan,” bebernya.
Sekretaris DPC PDIP La Ode Lawama menambahkan, dengan menggunakan pendekatan hasil keputusan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) yang baru, maka yang paling berpotensi mendapatkan SK PDIP adalah Derik.
“Kalau saya lihat dari tanda-tanda yang ada, maka Derik merupakan calon kuat untuk bisa mendapatkan SK PDIP, karena selain dia telah mengikuti sekolah partai, aturan PKPU juga mengizinkannya untuk ikut tarung,” pungkasnya. (m2/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top