34 Kelompok Tani Dapat Bantuan Traktor – Berita Kota Kendari
Aktualita

34 Kelompok Tani Dapat Bantuan Traktor

AHMAD RIDHA/BERITA KOTA KENDARI BANTUAN PUSAT. Puluhan hand tractor yang siap dibagikan kepada kelompok-kelompok tani.

AHMAD RIDHA/BERITA KOTA KENDARI
BANTUAN PUSAT. Puluhan hand tractor yang siap dibagikan kepada kelompok-kelompok tani.

RUMBIA, BKK – Pemerintah Kabupaten Bombana akan kembali menyalurkan hand tractor atau traktor tangan kepada kelompok petani. Di awal bulan ini, tercatat 34 unit hand tractor yang siap didistribusikan kepada kelompok tani.
Data yang diperoleh pada Dinas Pertanian Bombana, sejak 2015 Bombana telah mendapat bantuan dari pemerintah pusat tersebut sebanyak 200 unit. Jumlah ini sudah disortir kepada kelompok tani yang tersebar di Rumbia, Kabaena, serta Poleang.
Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan dan Hortikultura Bombana, Asis Fair mengatakan, jumlah ini belum termasuk bantuan alat pertanian lainnya seperti mesin tanam, traktor mini, dan mesin panen.
“Bantuan seperti ini sangat membantu petani di daerah ini. Mereka bisa lebih disiplin dalam menggarap sawahnya. Petani juga bisa meningkatkan produksi padinya setiap tahun,” ungkap  Asis yang dikonfirmasi, kemarin.
Asis Fair menjamin, bantuan tersebut akan sampai kepada kelompok yang berhak, sesuai usulan yang sebelumnya dikirim kepada pemerintah pusat. “Seluruh bantuan hand tractor ini akan disalurkan kepada kelompok tani yang namanya sesuai yang diusulkan tanpa ada pungutan,” ujarnya.
Terpisah, Pj Bupati Bombana, Hj Sitti Saleha menegaskan kepada dinas terkait untuk tidak melakukan pungutan dalam proses pembagian bantuan alat tersebut. Tujuannya, agar petani tidak terbebani dalam menerima bantuan yang diberikan oleh pemerintah pusat itu.
Menurut Saleha, proses penyaluran bantuan ini harus tepat sasaran dengan mengedepankan asas pemerataan, termasuk klarifikasi kelompok tani yang diprioritaskan untuk mendapatkan bantuan.
“Dinas pertanian selaku instansi terkait harus membagi bantuan ini dengan tepat sasaran. Yang menerima harus sesuai namanya dengan yang diusulkan, jangan lain yang diusulkan, lain yang terima. Kalau ada saya temukan, saya tidak akan segan-segan melakukan tindakan,” tegas Saleha.
Mantan Kadis Pariwisata Bombana ini menambahkan, kehadiran bantuan tersebut secara otomatis akan mendukung swasembada dan produktivitas pangan di daerah tersebut. “Bantuan dari pemerintah pusat ini kita harapkan dapat meningkatkan produksi pertanian kita baik secara kualitas, maupun kuantitas,” tukasnya. (cr2/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top