Utamakan Elektabilitas, Demokrat Pilih Tak Dukung Kadernya di Pilkada Mubar – Berita Kota Kendari
Suksesi

Utamakan Elektabilitas, Demokrat Pilih Tak Dukung Kadernya di Pilkada Mubar

KENDARI, BKK – Dalam mengusung bakal calon (balon) kepala daerah, Partai Demokrat tak selamanya memperioritaskan kader, tetapi tergantung elektabilitas tertinggi.

Hal itu menjadi salah satu alasan Partai Demokrat, sehingga tidak mengusung bakal calon (Balon) Bupati Muna Barat Taufan Alam yang notabene adalah kadernya.

Untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Daerah Otonomi Baru (DOB) itu, partai besutan Susilo Bambang Yudhiyono ini justeru memberikan surat keputusan (SK) dukungan kepada LM Rajiun Tumada.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Demokrat Sulawesi Tenggara (Sultra) Muhamad Endang menjelaskan, dalam proses penenentuan dukungan partainya, siapapun balon kepala daerah bisa mendapatkan SK asal memenuhi syarat yang ditentukan.

“Ada beberapa indikator yang menjadi syarat dalam pengusungan calon dan untuk Pilkada Mubar, Rajiun memenuhi syarat itu,” terang Endang, Rabu (14/9).

Ia melanjutkan, indikator yang membuat Rajiun bisa mengungguli Taufan yakni dari segi elektabilitas, dimana penerimaan masyarakat masih tinggi atas posisinya sebagai Pejabat (Pj) Bupati Muna Barat saat ini.

“Elektabilitas Rajiun lebih tinggi dibanding Taufan dan ini yang membuat kita mengusungnya,” ungkapnya.

Ketua DPD Demokrat Sultra dua periode ini juga menegaskan, dalam pengusungan balon, Demokrat tidak melihat pada dasar kader atau non kader. Namun, jika bisa berkomitmen dan memiliki peluang menang dari indikator elektabilitas maka itu yang diusung.

“Kita mengusung Rajiun karena dia lebih unggul dibanding Taufan,” pungkasnya. (m2/nur)

Click to comment
To Top