Maba Pasca UHO Kuliah Perdana – Berita Kota Kendari
Beranda

Maba Pasca UHO Kuliah Perdana

Suasana kuliah perdana mahasiswa angkatan 2016 PPs UHO yang berlangsung di Aula PPs, Rabu (14/9).

Suasana kuliah perdana mahasiswa angkatan 2016 PPs UHO yang berlangsung di Aula PPs, Rabu (14/9).

KENDARI, BKK – Mahasiswa program pascasrjana (PPs) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari angkatan 2016, mengikuti kuliah perdana atau kuliah pra pasca yang berlangsung di Aula Pascasarjana, Rabu (14/9).

Perkuliahan dibuka Wakil Direktur I PPs UHO Jamhir Safani dan dilanjutkan dengan materi kuliah tekonologi informasi yang disampaikan Dwi Janto Suandari dari ProQuest, yakni pengelola perpustakaan elektronik (electronic library) yang memiliki kemitraan dengan UHO.

Jamhir dalam pengantarnya menjelaskan, kuliah prapasca adalah kuliah pembuka sebelum perkualiahan secara reguler dilaksanakan. Dia mengingatkan kepada mahasiswa, kuliah prapasca sifatnya wajib diikuti seluruh mahasiswa.

“Makanya saya minta agar mahasiswa mengikutinya dengan serius,” ujar Jamhir.

Dalam kesempatan itu, Jamhir juga menjelaskan, UHO melakukan kemitraan dengan ProQuest sejak 2013 dengan nilai kontrak sekitar Rp 1 miliar.

“Memang buku-buku dan jurnal itu mahal, karena ilmu mahal. Makanya UHO melakukan kontrak dengan nilai seperti itu. Malah universitas melakukan kontrak dengan nilai yang lebih mahal,” katanya.

Jamhir menyebutkan, jumlah mahasiswa S2 UHO tahun 2016 sebanyak 1.291 orang yang tergabung di 17 progrm studi dan konsentrasi. Diantaranya, Program Studi (Prodi) Ilmu Manajemen, Administrasi Pembangunan, Pendidikan IPS dan Pendidikan IPA.

Selanjutnya, Prodi Perencanaan dan Pengembangan Wilayah (PPW), Pendidikan Seni, Ilmu Ekonomi, Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Matematika, Kajian Budaya, Agribisnis, Keguruan Bahasa, Ilmu Perikanan, Agronomi, Peternakan,  Kimia dan Fisika.

“Mahasiswa program pascasarjana UHO terus bertambah pada setiap tahunnya seiring bertambahnya program studi. Pada angkatan 2015 jumlah mahasiswa sebanyak 1.239 sedangkan tahun 2016 ini menjadi 1.291 orang,” terangnya.

Sementara itu Dwi Janto dalam uraiannya menjelaskan, betapa pentingnya mengusasi teknologi informasi pada zaman digital saat ini termasuk tentang perpustakaan elektronik atau perpustakaan digital.

Dwi juga menjelaskan, bagaimana mahasiswa bisa mengakses ProQuest, dimana memlalui situs ProQuest mahasiswa dapat mengakses buku atau jurnal berkualitas baik nasional maupun internasional.

“Ini sangat penting bagi mahasiswa pascasarjana yang mau membuat jurnal atau tesis, karena kami memiliki koleksi buku-buku atau jurnal dengan penulis yang terpercaya,” kata Dwi.

Dikatakan mahasiswa juga dapat mendownload materi buku atau jurnal yang dikoleksi ProQuest, sehingga memudahkan mahasiswa untuk mendapatkan bahan-bahan perkualiahan.

Bukan saja itu, melalui situs ProQuest mahasiswa juga disediakan program translate terhadap literatur buku atau jurnal berbahasa asing ke dalam bahasa Indonesia.

Perkualiahan prapasca masih akan berlangsung hingga, Senin (20/9) mendatang, dengan materi kuliah inti dari masing-masing program studi atau konsentrasi. (lex/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top