Bupati Butur Dukung Penuh Pemekaran Kulisusu Selatan – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Bupati Butur Dukung Penuh Pemekaran Kulisusu Selatan

BURANGA, BKK – Pemekaran Kecamatan Kulisusu menjadi dua bagian yakni  Kulisusu dan Kulisusu Selatan (Kulsel) akhirnya mendapat titik terang.  Bupati Buton Utara (Butur), Abu Hasan mendukung penuh dimekarkannya kecamatan dimaksud.

Dukungan dari orang nomor satu Butur itu dikemukakan oleh pelaksana Kepala Sub Bagian (Kasubag) Protokoler Hubungan Masyarakat (Humas) Pemerintah daerah (Pemda) Butur, Hamsil.

“Tadi sudah ada pertemuan antara pihak yang menyatakan diri sebagai panitia pemekaran Kulsel dengan pak Bupati di ruang rapat sekretariat daerah. Selama ini kan mereka demo terus, sehingga pak Bupati mengambil inisiatif untuk melakukan pertemuan dalam membicarakan pemekaran itu,” ungkap Hamsil saat dikonfirmasi, Rabu (14/9).

Dijelaskan Hamsil,  Pemda sendiri sebetulnya sudah melakukan upaya terkait adanya permintaan pemekaran itu. Upaya dimaksud yakni sudah ditunjuknya salah satu perguruan tinggi di Sultra untuk melakukan penelitian terkait studi kelayakan rencana pemekaran tersebut.
“Pak Bupati memastikan mendukung penuh akan hal itu sekaligus menyarankan begini katanya, kan enak kalau dibahas seperti ini, dari pada demo kan tiada hasil dan tidak ada titik temu padahal kalau menyampaikan pendapat dengan cara-cara diskusi begini kan lebih baik,” ungkapnya menirukan ucapan Abu Hasan.

“Dalam rapat tadi beliau rupanya sudah menunjuk salah satu perguruan tinggi untuk melakukan penelitian tentang studi kelayakan pemekaran. Ini sudah sementara jalan. Jadi yang perlu ditahu oleh masyarakat adalah bahwa Pemda sendiri sebenarnya tidak hanya tinggal diam selama ini dengan adanya desakan dan tuntutan itu,”sambungnya.

Pemekaran itu sendiri, tambah Hamsil seperti halnya menirukan ucapan Abu Hasan sesungguhnya tidak ada alasan untuk dihalang-halangi. Asalkan syarat-syarat pemekaran itu terpenuhi sebagaimana diatur dalam UU nomor 23 tahun 2014 tentang otonomi daerah.

“Sehingga hasil rapat tadi Bupati meminta masyarakat bersama-bersama pemerintah daerah untuk melengkapi syarat agar memenuhi kriteria pemekaran,”tutur Hamsil. (k5/c)

 

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top