Kasuistika

Berkas Tersangka Bolak Balik Di Meja Jaksa

KENDARI, BKK – Berkas dua tersangka kasus dugaan tindak pidana pelayaran pelabuhan khusus (Jetty) Morosi sampai saat ini masih bolak balik dari Kejaksaan Tinggi Sultra ke Polda Sultra dan sebaliknya. Dua tersangka yang dimaksud adalah, Direktur Utama PT Virtue Dragon Nikel Industri (VDNI) Zhu Mindong alias Andrew dan Direktur PT Muara Sampara Lina Suti.
Bolak baliknya berkas itu dikarenakan penyidik Polda Sultra belum melengkapi petunjuk yang diberikan jaksa. Kepala Seksi Penerangan Hukum dan Hubungan Masyarakat (Kasipenkumhumas) Kejati Sultra, Janes Mamangkey SH mengatakan, pihaknya terus berupaya menyelesaikan berkas tersangka kasus tindak pidana pelayaran khusus (Jetty) Morosi.
“Penyidik kepolisian belum melengkapi berkasnya. Padahal kami sudah berikan petunjuk apa-apa saja yang kurang berkasnya untuk dilengkapi. Sehingga sampai hari ini berkasnya terus bolak-balik dari penyidik Polda Sultra dan Kejati Sulra,” kata Janes saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu (14/9).
Saat ini, sambung Janes, pihaknya terus berkoordinasi dengan pihak Polda untuk melengkapi berkas tersebut, agar secepatnya bisa dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Kendari.
“Sudah banyak kali berkasnya diserahkan kepada kami. Tetapi setelah diteliti berkas tersebut belum juga dilengkapi sehingga kami mengembalikan ke penyidik polda untuk dilengkapi kekurangannya,” sambungnya.
Dikonfirmasi mengenai, kemungkinan pihak Polda Sultra sengaja belum melengkapi berkas perkara Andrew dan Lina, apalagi adanya kabar bahwa Polda akan mengeluarkan Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3), Janes mengaku sama sekali tidak mengetahuinya.
“Kalau itu sama sekali kami tidak tahu, tetapi jika memang betul pihak Polda Sultra akan melakukannya (SP3), itu merupakan kewenangan mereka,” cetusnya.
Diketahui, berdasarkan hasil penyelidikan kepolisian, Direktur Utama PT VDNI dan Direktur Utama PT Muara Sampara, diduga melakukan pelanggaran dalam melakukan pembangunan Jetty Morosi karena tidak memiliki izin operasional dari Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan. (p5/b/aha)

To Top