Dinas PUTR Butur Kini Miliki Lab Uji Material – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Dinas PUTR Butur Kini Miliki Lab Uji Material

BURANGA, BKK – Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Buton Utara (Butur) kini memiliki laboratorium material dan jalan bangunan. Sehingga bisa dipastikan, mulai 2017, semua rekanan yang hendak melakukan uji material sudah dapat melakukannya di Butur.

“Selama ini uji material dilaksanakan di Kendari,” kata Kepala Dinas PU Butur, Alimin saat ditemui di ruang kerjanya, belum lama ini.

Dikatakan, jika gedung yang baru saja selesai dirampungkan pengerjaannya, saat ini sudah pula dilengkapi dengan alat uji labnya. “Dengan adanya gedung lab tersendiri ini, pada 2017 nanti, kita sudah canangkan untuk uji lab sendiri di sini. Selama ini kan kalau uji lab terkait untuk mengetahui apakah material yang digunakan pihak rekanan itu layak atau tidak selalu dilakukan keluar daerah. Paling sering di Kendari karena kita belum punya lab tersendiri,” terang Alimin.

Dia menjelaskan, dengan adanya lab itu paling tidak ada beberapa keuntungan yang bisa diperoleh baik terkait pihak rekanan maupun daerah itu sendiri. Untuk pihak rekanan, akan lebih memudahkannya dalam melakukan uji material. Sedangkan buat daerah sendiri tentu akan memperoleh tambahan retribusi.

“Karena selama ini dilakukan di luar daerah, maka otomatis retribusi masuknya buat daerah tempat dilakukannya uji lab itu,” imbuh Alimin.

Terkait pemanfaatan fungsi lab itu sendiri, tinggal menunggu peraturan daerah (Perda) ataupun peraturan bupati (Perbup).”Kalau  sudah ada Perda atau Perbup, maka otomatis langsung bisa kita fungsikan. Sementara ini, itu yang lagi kita fokuskan, sehingga kalau bisa selesai di tahun ini berarti pada 2017 nanti kita uji labnya langsung di sini,” ujarnya. (k5)

To Top