BNN Gandeng Karang Taruna Perangi Narkoba – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

BNN Gandeng Karang Taruna Perangi Narkoba

Kegiatan penyuluhan narkoba yang dilakukan BNN Kolaka dan Polres Kolaka pada pengurus Karang Taruna. (Foto: Armin/BKK).

Kegiatan penyuluhan narkoba yang dilakukan BNN Kolaka dan Polres Kolaka pada pengurus Karang Taruna. (Foto: Armin/BKK).

KOLAKA,BKK -‎ Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Kolaka menggandeng pengurus Karang Taruna Kelurahan Kolakaasi dalam memerangi penyalagunaan narkoba. Kasat Narkoba Polres Kolaka AKP Gazali Yusuf pada acara ‎penyuluhan anti narkoba kepada masyarakat rentan terutama kalangan pemuda, mengingatkan kepada para pemuda untuk tidak terlibat penyalahgunaan narkoba, sebab selain merugikan kesehatan juga melanggar hukum.

“Tidak akan ada masa depan generasi muda dengan memakai narkoba. Hanya ada jalan menuju kematian, jika para generasi muda tidak segera sadar diri untuk selalu menjauhi barang haram. Selain itu bagi pengedarnya akan berurusan dengan hukum,” tegas AKP Gazali, Sabtu (10/9).

Ditegaskannya, remaja merupakan kelompok masyarakat yang paling rentan terhadap penyalahgunaan narkoba. Oleh karena itu, ujar dia, harus ada upaya pencegahan yang serius terhadap kelompok remaja, termasuk karang taruna.

“Kita memiliki tugas untuk melindungi remaja dari pengaruh negatif penyalahgunaan narkoba. Pengaruh narkoba bisa bermacam-macam, bisa melakukan tindakan kriminal, juga bisa melakukan penyimpangan terhadap nilai umum yang dianut oleh masyarakat. Pada akhirnya menjadi beban bagi masyarakat,” kata AKP Gazali.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Kolaka, Iwan Ahmadi menegaskan, kejahatan narkoba adalah kejahatan yang tak kenal usia. Dia bisa menghancurkan kehidupan serta masa depan bangsa. Sebagai pemuda harapan bangsa harus menjauhi barang haram berupa narkoba.

“Tentunya kejahatan dan penyalahgunaan Narkoba juga sudah merambah di Kabupaten Kolaka. Hal tersebut dibuktikan beberapa kasus, bahkan ada anak SD yang sudah terlibat. Untuk itu saya berharap agar seluruh masyarakat Kabupaten Kolaka,  secara bersama-sama berintegritas dalam rangka melakukan upaya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba, terutama para pemuda yang menjadi harapan bangsa,” katanya.

Menurut Iwan, untuk memerangi bahaya narkoba, perlu melibatkan semua unsur masyarakat, salah satunya dengan menggandeng peran pemuda dalam hal ini karang taruna, di mana sebagian besar ada di semua desa dan kelurahan. Keikutsertaan karang taruna sangatlah dibutuhkan dalam kehidupan bermasyarakat.

“Pemuda dapat berperan menjadi pelopor penyampaian informasi  bahaya dari narkoba, baik kepada keluarga maupun masyarakat di mana mereka tinggal,” kata Iwan Ahmadi. (cr3)

To Top