Stok Cukup, Harga Masih Terkendali – Berita Kota Kendari
Bisnis & Ekonomi

Stok Cukup, Harga Masih Terkendali

NIRWAN/BKK MASIH AMAN. Kabid Perdagangan Ida Riyanti (kiri) bersama Ketua Komisi II DPRD Kendari, Subhan, memantau pergerakan harga menjelang hari raya Idul Qurban, di Pasar Basah Mandonga, Jumat (9/9).

NIRWAN/BKK
MASIH AMAN. Kabid Perdagangan Ida Riyanti (kiri) bersama Ketua Komisi II DPRD Kendari, Subhan, memantau pergerakan harga menjelang hari raya Idul Qurban, di Pasar Basah Mandonga, Jumat (9/9).

KENDARI, BKK – Menjelang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha, harga sembako maupun pangan di pasar-pasar besar dalam Kota Kendari dipastikan masih terkendali. Stabilnya harga tak lepas dari stok barang yang masih mencukupi.
Demikian kesimpulan dari kunjungan Pemkot bersama DPRD Kendari di sejumlah pasar, Jumat (9/9) kemarin. Dua pasar besar yang dikunjungi adalah Pasar Basah Mandonga dan Pasar Panjang.
Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Disperindagkop Kota Kendari, Ida Riyanti menjelaskan, kunjungan tersebut untuk melihat kesiapan stok yang paling banyak dicari oleh masyarakat, yakni daging, beras, sayuran serta bahan-bahan dapur lainnya. Menurutnya, stok masih cukup.
“Untuk harga sementara masih stabil. Namun memang patut kita akui sudah ada beberapa komoditi yang mengalami kenaikan, misalkan bawang merah sekarang perkilonya Rp 48.000, sedangkan bawang putih sudah Rp 40 ribu perkilonya,” ungkap Ida Riyanti.
Naiknya harga bawang disebabkan pasokan yang masih didominasi dari Bima dan Makassar. Sementara pasokan bawang dari Sulawesi Tenggara masih sangat minim karena belum musim panen.
“Adanya biaya transportasi membuat harga bawang naik. Sementara bawang lokal belum banyak karena memang belum dipanen,” ujarnya.
Kemudian untuk sayur-sayuran, ada yang mengalami kenaikan dan juga penurunan. Contohnya wortel, per kilonya sekarang dijual dengan harga Rp 14 ribu.
Ia mengaku, kenaikan harga komoditi saat seperti ini pasti akan terjadi, terutama pada H-2. Namun kenaikan harga saat Lebaran Idul Adha tidak akan terlalu besar, sebab stok di Kota Kendari aman.
Ketua Komisi II DPRD Kendari, Subhan juga sependapat harga di pasaran saat ini masih stabil. Kenaikan harga pada beberapa komoditi dianggap masih dalam batas wajar dan bisa dipahami oleh konsumen.
“Yang kita dapatkan harga daging sapi dan daging ayam masih stabil. Hanya bawang yang menurut pedagang harganya terus naik dan kemungkinan masih akan naik lagi,” katanya.
Untuk menjaga stabilitas harga, DPRD telah meminta Pemkot Kendari agar benar-benar mengawasi stok barang. Pemkot harus menjamin ketersediaan stok agar tidak ada oknum yang bermain.
“Kenaikan harga sebenarnya bisa kita tekan dengan ketersediaan stok. Dan stok kita masih cukup,” katanya.
Subhan juga meyakini kenaikan harga hanya berlangsung dua hari menjelang lebaran. Itu terjadi karena permintaan yang tinggi.
Setelah itu, harga akan normal kembali karena permintaan juga sudah turun. (m3/aha)

To Top