Bom Ikan, Nelayan Lasalimu Ditangkap – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Bom Ikan, Nelayan Lasalimu Ditangkap

Pelaku bersama barang bukti. (Foto: Polsek Lasalimu untuk BKK)

Pelaku bersama barang bukti. (Foto: Polsek Lasalimu untuk BKK)

PASARWAJO, BKK – Seorang nelayan di Desa Nambo, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Aludin ditangkap Polsek Lasalimu, Kamis (8/9) saat sedang asik menangkap ikan menggunakan bom. Pria berumur 34 tahun itu ditangkap saat sedang beraksi sekitar 300 meter dari Pelabuhan Desa Nambo.

Aludin ditangkap bersama barang bukti sisa bahan peledak dan ikan hasil tangkapannya seberat 200 kilogram. Kejadian itu bermula ketika Anggota Polsek Lasalimu, Ajun Inspektur Polisi Dua (AIPDA) Muh Ilyas yang sementara melakukan pengamanan di Pelabuhan Nambo, tiba-tiba mendengar suara ledakan.

Aipda Muh Ilyas kemudian memerintahkan Bripka Arman dan Brigadir Aliyudin menuju sumber ledakan. Keduanya melihat seorang nelayan yang menggunakan perahu sedang menyelam dan memungut ikan dari hasil pengeboman.

Selama dua jam menunggu, sekitar pukul 16.00 Wita, nelayan tersebut kembali ke darat, anggota Polsek Lasalimu ang sedang menunggu langsung menangkap pelaku.

Kapolsek Lasalimu, Ipda Yutaman mengatakan, setelah pelaku ditangkap, pihaknya langsung menggeledah kediaman pelaku, namun tak ditemukan barang bukti lain. Setelah diinterogasi, pelaku kemudian menunjukkan tempatnya menyimpan bahan-bahan peledak tak jauh dari kediamannya. “Disimpan di dalam lubang batu tak jauh dari rumahnya,” kata Kapolsek.

Dari hasil penggeledahan, polisi mengamankan pupuk urea dan UBA korek 1/4 botol air mineral, pupuk urea di dalam 3/4 botol air mineral sedang yang sudah digoreng menggunakan minyak tanah, sembilan batang sumbu yang terbuat dari UBA korek.

Atas perbuatan pelaku, ia terancam hukuman mati dan penjara seumur hidup karena melanggar undang-undang darurat pasal 1 ayat 1 no 12 tahun 1951. (k2)

Click to comment
To Top