Belanja Pegawai Tetap Aman – Berita Kota Kendari
Headline

Belanja Pegawai Tetap Aman

Hj Isma (RAHMAT RULLAH/BKK)

Hj Isma (RAHMAT RULLAH/BKK)

KENDARI, BKK- Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara memberlakukan penghematan besar-besaran menyusul adanya penundaan transferan dana dari pusat. Apalagi dana yang ditunda bukan hanya Dana Alokasi Umum, tetapi juga Dana Alokasi Khusus serta Dana Bagi Hasil.

Kepala Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah (BPKAD) Sultra, Hj Isma mengatakan, total dana yang ditunda transferannya sebesar Rp 250 miliar. Rinciannya Rp 217 miliar (DAU), Rp 19 miliar (DAK) dan Rp 13 miliar (DBH).
Besarnya dana yang ditunda transferannya itu membuat Pemprov harus memutar otak agar program-program yang sudah direncanakan pembiayaannya, tetap bisa berlanjut hingga akhir tahun ini. Isma pun membenarkan bahwa seluruh SKPD harus melakukan penyesuaian.
“Mau tak mau kita memang harus melakukan rasionalisasi program. Tapi yang jelas, gaji PNS masih tetap aman. Termasuk pegawai honor,” katanya.
Namun belanja-belanja rutin pemerintah, baik langsung maupun tidak langsung, belanja bunga, belanja hibah, belanja bagi hasil provinsi/kabupaten/kota dan desa, belanja bantuan keuangan kepada provinsi/kabupaten/kota dan desa dan belanja tidak terduga, banyak yang dihilangkan.
Pemerintah juga harus menghilangkan honorarium PNS di sejumlah program. Misalnya, honor untuk kegiatan seminar maupun sosialisasi.
“Untuk semua honor kegiatan yang menggunakan APBD akan dihilangkan,” tutup perempuan murah senyum itu. (p7/aha)

To Top