Surat Usulan PAW Yasin Sudah Masuk di Ruangan Sekertariat DPRD – Berita Kota Kendari
Suksesi

Surat Usulan PAW Yasin Sudah Masuk di Ruangan Sekertariat DPRD

Muhammad Yahya

Muhammad Yahya

KENDARI, BKK- Surat usulan Pergantian Antar Waktu (PAW) dari Partai Hanura untuk kadernya Yasin Idrus yang telah meninggal dunia, sudah diterima sekertariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Hanura Muhammad Yahya mengatakan, berdasarkan usulan yang disampaikan ke DPRD, Yasin Idrus akan digantikan Idris Lago.

“Surat usulan PAW sudah kita antarkan sekarang dan tinggal diproses oleh DPRD Kota Kendari,” terang Yahya, Kamis (8/9).

Sekertaris Dewan (Sekwan) DPRD Kota Kendari Asni Bonea yang ditemui di ruang kerjanya menjelaskan, pihaknya akan segera memproses pengusulan PAW Yasin Idrus tersebut. Beberapa mekanisme akan dilalui sehingga penetapannya tidak bisa dilakukan dengan cepat.

Ia memaparkan, langkah awal yang akan dilakukan untuk memproses pengusulan PAW tersebut, yakni menyurat ke Wali Kota Kendari perihal persetujuan atas pemberhentian Yasin Idrus sebagai salah satu anggota DPRD. Setelah itu, dilanjutkan ke Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk penerbitan surat keputusan (SK) pemberhentian.

“Surat dengan perihal pemberhentian yang kita layangkan baik itu ke Wali Kota Kendari atau Ke Gubernur Sultra semua tenggang waktunya tujuh hari,” jelasnya.

Setelah surat pemberhentian telah ditandatangani Gubernur Sultra, lanjutnya, maka DPRD akan kembali menyurat ke partai bersangkutan guna melakukan verifikasi ulang terhadap calon yang akan diusul, setelah itu baru dilayangkan surat ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari.

“Untuk proses PAW hal itu menjadi bagian terakhir yang akan dilayangkan dewan ke KPU, karena setelah itu proses pelantikan bisa dilaksanakan,” pungkasnya.(m2/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top