Lonjakan Penumpang Jelang Idul Adha Tak Sampai 3 Persen – Berita Kota Kendari
Beranda

Lonjakan Penumpang Jelang Idul Adha Tak Sampai 3 Persen

KENDARI, BKK – Jelang libur lebaran Idul Adha lonjakan penumpang di Sulawesi Tenggara (Sultra) diprediksi tidak mencapai 3 persen. Arus mudik baik darat maupun laut dipastikan lancar.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Perhubungan Provinsi Sultra Hado Hasina saat ditemui wartawan harian Berita Kota Kendari (BKK), Kamis (8/9). Sedikitnya penumpang yang melakukan mudik lebaran, menurutnya, diakibatkan hari libur yang hanya beberapa hari saja.

“Kami memperidiksi seperti itu, karena memang tidak ada lonjakan penumpang secara pasti di Idul Adha ini karena sama halnya dengan tahun-tahun sebelumnyam,” ujar Hado.

Dengan melihat kodisi penumpang tersebut, Hado mengaku, pihaknya tidak perlu melakukan antisipasi khusus. Semua armada transportasi baik darat maupun laut yang ada pun menurutnya akan mengakut penumpang dengan normal seperti hari biasanya.

Namun demikian, satu hal yang dikhawatirkan Dishub Sultra terkait arus lalu lintas saat ini yakni rusaknya jembatan pelabuhan yang menghubungkan Kota Bau Bau dan Buton Tengah. Meski saat ini masih bisa digunakan namun menurut Hado, harus segera dilakukan penanganan sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ia berharap, pihak pemerintah setempat untuk memperhatikan pelabuhan tersebut dengan segera melakukan pembenahan infrastruktur.

“Jika jalan rusak dalam kurung waktu satu tahun masih bisa dilewati, tetapi kalau jembatan penyebrangan rusak hanya dalam kurung waktu jam saja bisa menghambat dan pendapatan anggaran daerahpun ikut berkurang,” pungkasnya. (p7/nur)

Click to comment
To Top