Kualitas Beras Kolaka Unggul di Sultra – Berita Kota Kendari
Aktualita

Kualitas Beras Kolaka Unggul di Sultra

KOLAKA, BKK – Kualitas beras yang dihasilkan petani di Kabupaten Kolaka, ternyata lebih unggul dibanding daerah lain yang ada di Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Dari beberapa sentra produksi beras di Sultra, produksi beras Kolaka masih merupakan varietas unggulan,” kata ‎Kepala Divisi Regional (Divre) Perum Bulog Sultra Laode Amijaya Kamaluddin pada Rapat koordinasi (Rakor) antara Kodim 1412 Kolaka dan Perum Bulog Divre Sultra, kamis (8/9) di aula Kodim 1412 Kolaka.

Di hadapan peserta rakor ‎dalam rangka menghadapi panen raya dan peningkatan serapan gabah/beras tahun 2016, Laode Amijaya ‎menegaskan, beras Kolaka masih menjadi komoditas unggulan dibanding sentra produksi beras yang ada di Konawe, Konawe Selatan dan Bombana. Semua ini karena sawah di Kolaka baru dikelola dua hingga empat tahun. Sementara sawah di Konawe diolah sejak 10 tahun lalu.

“Inilah yang membuat produksi beras Kolaka masih bagus,” ungkapnya.

Diungkapkannya, saking bagusnya beras yang dimiliki kabupaten Kolaka, menjadikan beras Kolaka menjadi primadona di provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), sehingga banyak pengusaha yang datang ke Kolaka membeli beras dan dijual di sana, meskipun beberapa daerah di Sulsel merupakan daerah penghasil beras‎ di Indonesia.

Laode Amijaya juga menyampaikan target produksi beras yang dibuat Bulog tahun 2016 sebanyak 40 ribu ton. Namun yang baru terealisasi 18 ribu ton. Diharapkan dengan keikutsertaan TNI dalam menyukseskan swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah, target yang dibuat Bulog dapat tercapai.

Tak lupa disampaikan permasalahan yang dihadapi para petani sawah, di antaranya keluhan mesin pengering padi. Diharapkan keluhan petani ini bisa diatasi oleh Pemerintah. (cr3)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top