Jangan Ada Yang Ganggu PLTU Moramo – Berita Kota Kendari
Headline

Jangan Ada Yang Ganggu PLTU Moramo

RAHMAT RULLAH/BERITA KOTA KENDARI MAKET. Wakil Gubernur Saleh La Sata (kanan) mengamati maket PLTU Moramo 2 x 59 MW yang dibangun PT DSSP Power Kendari (Sinar Mas Grup), usai ground breaking, di Tanjung Tiram, Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan.

RAHMAT RULLAH/BERITA KOTA KENDARI
MAKET. Wakil Gubernur Saleh La Sata (kanan) mengamati maket PLTU Moramo 2 x 59 MW yang dibangun PT DSSP Power Kendari (Sinar Mas Grup), usai ground breaking, di Tanjung Tiram, Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan.

KENDARI, BKK- Pembangkit Listrik Tenaga Uap Moramo akan menjadi aset yang sangat strategis bagi Sulawesi Tenggara. Karena ini sudah menyangkut hajat hidup banyak orang, proses pembangunannya yang sudah mulai dijalankan, Kamis (8/9), tak boleh mendapatkan gangguan dari siapa pun.

Hal tersebut menjadi penekanan Wakil Gubernur Sulawesi Tenggara, Saleh La Sata, usai meletakkan batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan Independent Power Producer (IPP) Kendari-3 Power Plant
, di Tanjung Tiram, Moramo Utara, Kabupaten Konawe Selatan.
“Kita harus mendukung pembangunan proyek ini. Kalau mau Sultra tidak lagi kekurangan listrik,” ungkapnya dengan lantang.
Saleh menyebut bahwa pembangunan PLTU Moramo itu merupakan bagian dari pembangunan jaringan listrik 35.000 MW yang telah dicanangkan pemerintah. “Harus diketahui bahwa program ini, merupakan program nasional yang ditargetkan di seluruh nusantara. Yang ini untuk Sulawesi Tenggara,” kata dia.
Jika nanti sudah beroperasi, PLTU dengan kapasitas terpasang 2 x 59 MW tersebut akan menambah pasokan listrik untuk daerah padat penduduk, terutama Kota Kendari dan Konawe Selatan. Kecukupan energi, kata dia, akan ikut mendongkrak pembangunan dan mempercepat laju perekonomian.

Proyek pembangunan PLTU tersebut direncanakan akan rampung tiga tahun ke depan, atau paling lambat di tahun 2019.
Sementara itu Direktur Utama DSSP, Otto menjelaskan, proyek kelistrikan ini ikut didukung oleh swasta. DSSP sendiri merupakan grup dari Sinar Mas untuk bidang energi dan infrastuktur.
“Kami sangat senang karena mendapatkan dukungan yang sangat baik dari pemerintah. Pengurusan semua hal berjalan dengan lancar,” kata Otto.
Selaku kontraktor pembangunan fisik PLTU tersebut, pihaknya sangat berharap agar pekerjaan proyek bisa berjalan lancar tanpa hambatan, sehingga target penyelesaian selama tiga tahun bisa tercapai. “Kami harapkan bisa beroperasi pada tahun 2019,” harapnya.
Sampai saat ini, DSSP telah menyelesaikan tahap pembebasan lahan, perataan tanah basic design PLTU itu sendiri. “Amdal dari pengelolaan PLTU ini sudah dikaji dan itu tidak akan merusak lingkungan,”ungkapnya.
Adapun mesin maupun peralatan yang dibutuhkan PLTU tersebut, pihak DSSP sudah menunjuk Jiangxi Jianglian International Engineering Co LTd yang berbasis di China. Otto menjamin perusahaan China tersebut telah memiliki kualifikasi sebagai perusahaan yang menghasilkan mesin dan alat pembangkitan listrik berkualitas.
Nilai investasi keseluruhan proyek ini sebesar USD 200 juta atau sekitar Rp 3 triliun. “Proyek PLTU ini telah mendapatkan fasilitas pembiayaan dari China Development Bank Corporation sebesar USD 150 juta,” terangnya.
Nantinya, PT DSSP akan menguasai IPP tersebut sebagai pemasok listrik
kepada PLN selama 25 tahun. Setelah itu, DSSP akan menyerahkannya kepada PLN.

“Kami tentu sangat berharap, dengan beroperasinya PLTU Moramo nantinya, rasio eletrifikasi di Indonesia, khususnya daerah Sultra dapat terpenuhi. Dan yang lebih penting akan mendorong pertumbuhan ekonominya,” pungkasnya.
Sementara itu Presiden Direktur PT Dian Swastika Sentosa, Krisnan Cahya optimistis daya yang dihasilkan pembangkit ini akan cukup untuk memenuhi kebutuhan listrik masyarakat di daratan Sultra.
Ground breaking PLTU Moramo tersebut turut dihadiri Wali Kota Kendari, Asrun, Bupati Konawe, Surunuddin Dangga, Kepala Satuan IPP PLN, Hernadi Buhron, Direktur Jiangxi Jianglian International Engineering Co Ltd, Tan Shenghui dan Direktur China Gansu International, Qiau Gangmin.  (p7/a/aha)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top