Dinas Pertanian Siapkan 1.027 Ekor Sapi dan Kambing – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

Dinas Pertanian Siapkan 1.027 Ekor Sapi dan Kambing

Andoolo, BKK – Menghadapi hari raya Iduladha Kabupaten Konawe Selatan melalui Dinas Pertanian dan Peternakan Konsel telah menyiapkan 1.027 ekor sapi dan kambing untuk hari raya kurban yang tersebar di seluruh petani dan peternak se-Konsel. Hal ini dilakukan agar pembeli bisa lebih mudah medapatkan dari desa manapun tanpa harus lagi ke pengumpul.

Kepala bidang Peternakan, Roe SPt menyatakan, Dinas Pertanian telah menyiapkan 1.027 ekor sapi dan kambing untuk di potong baik untuk kurban maupun untuk dikonsumsi serta diperjualbelikan. Roe juga mengatakan, sapi dan kambing tidak didatangkan dari luar. Malahan, lanjut dia, menjual di luar Konawe Selatan seperti di Kota Kendari. “Karena sapi di Konsel ini terbanyak populasi di Sulawesi Tenggara dan sekarang kita sebagai tempat pembibitan sapi,” katanya.

Roe juga mengatakan, untuk kesehatan dari sapi dan kambing tersebut, Dinas Pertanian telah menyiapkan tim di seluruh Konsel untuk memantau kesehatan di tingkat peternak dan juga tim kabupaten ada juga turun memantau. “Kami sudah melakukan vaksin dari 3 bulan yang lalu. Jadi saya yakin kesehatannya terjamin,” jelasnya.

Untuk biaya pembeliannya,dari tingkat peternak, untuk sapi standar harganya 8 juta per ekor. Sapi kelas 1 sekitar Rp 15 juta. “Menurut informasi di Kecamatan Landono telah terjual 150 ekor sapi,” katanya. (k8)

To Top