1.054 PPDP Dikerahkan KPU Kendari – Berita Kota Kendari
Suksesi

1.054 PPDP Dikerahkan KPU Kendari

Suasana Pelepasan PPDP di Taman Kota Kendari. (Nirwan/BKK)

Suasana Pelepasan PPDP di Taman Kota Kendari. (Nirwan/BKK)

KENDARI, BKK – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Kamis (8/9), mengerahkan 1.054 panitia pemuhtakhiran data pemilih (PPDP) untuk meneliti dan mencocokkan data pemilih untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Kendari 2017 mendatang.

Ketua KPU Kota Hayani Imbu mengatakan, PPDP tersebut akan bekerja selama satu bulan. Proses pemutakhiran data itu, menurutnya, tidak akan lepas dari pantauan KPU Kota Kendari.

“Kami akan terus mengantar dan menjada PPDP ini agar melaksanakan tugasnya dengan baik,” kata Hayani Imbu saat acara pelepasan PPDP di Taman Kota Kendari, Kamis (8/9).

Dikatakannya, tugas pertama yang akan dilakukan oleh PPDP adalah mendatangi setiap Ketua RT, RW dan masyarakat. Hal ini dilakukan untuk memastikan seluruh wajib pilih sudah terdaftar atau belum.

“Jadi saat PPDP kami datang ke rumah warga dan belum terdaftar sebagai pemilih, maka boleh didaftar sepanjang memiliki KTP atau keterangan berdomisili yang dikeluarkan oleh Dinas kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Kendari,” tambahnya.

Komisioner KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) Andi Sahibudin mentatakan, tugas dan peran PPDP sangat penting yang akan siap berperang melawan data pemilih yang tidak memenuhi syarat.

“Pemilih yang tidak memenuhi syarat harus dapat disisir satu persatu. Jika tidak memenuhi syarat dapat dicoret,” kata Andi Sahibuddin di acara pelepasan PPDP Kota Kendari itu.

Ia berharap, peran PPDP harus bisa maksimal selama 30 hari kedepan. Pemilih yang tidak memenuhi syarat jangan sampai ditemukan saat pemungutan suara nanti.

“Untuk itu petugas PPDP harus berkoordinasi dengan pihak Rukun Tentangga (RT) juga Rukun Warga (RW), agar datanya lebih akurat,” ujarnya. (m3/nur)

Click to comment
To Top