Stok Sapi Kurban di Sultra 5.000 Ekor – Berita Kota Kendari
Beranda

Stok Sapi Kurban di Sultra 5.000 Ekor

RAHMAT/BKK H Muh Nasir

RAHMAT/BKK
H Muh Nasir

KENDARI, BKK – Stok sapi kurban yang tersebar di seluruh daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini mencapai 5000 ekor. Jumlah itu dianggap cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat yang akan berkurban di Idul Adha nanti.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Sultra H Muh. Nasir mengakui, di 2016 ini kebutuhan sapi kurban meningkat dibanding 2015 lalu. Namun, hal itu terjadi seiring dengan ketersediaan stok yang juga mengalami peningkatan.

“Tahun 2016 ini stok sapi yang tersedia 5000 ekor sedangkan tahun lalu hanya sekitar 4.000, ” ungkap Nasir saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (7/9).

Untuk menutupi kebutuhan kurban masyarakat Sultra di tahun ini, lanjut Nasir, juga tersedia 2.500 ekor kambing. Jumlah ini juga mengalami peningkatan dibanding 2015 lalu yang hanya 1.300 ekor.

Selain memastikan ketersediaan stok, salah satu yang juga menjadi perhatian penting pemerintah yakni kesehatan hewan kurban tersebut. Sebelum disembelih, harus dinyatakan bebas dari penyakit yang berbahaya bila dikonsumsi manusia.

“Sebelum dipotong harus di cek up kesehatannya sebanyak 2 kali, hal ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui hewan mana yang layak dikurbankan,” paparnya.

Untuk penanganan hewan kurban itu sendiri, lanjutnya,menjadi tanggung jawab instansi terkait yang ada di setiap kabupaten atau kota di Sultra. Tim yang disiapkan juga telah mengikuti bimbingan khusus.

“Kami punya slogan dalam kempanyekan masalah hewan kurban ini yakni ASUH yang artinya Aman, Sehat, Utuh dan Halal. Ini sangat cepat dimengerti oleh masyarakat dalam memperhatikan hewan kurban tersebut, ” tutupnya. (p7/nur)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top