Pendidikan

Setya Novanto Beri Kuliah Umum di IAIN Kendari

Setya Novanto memberikan kuliah umum kepada civitas akademika IAIN Kendari Kendari, Rabu (07/06). (foto: IST)

Setya Novanto memberikan kuliah umum kepada civitas akademika IAIN Kendari Kendari, Rabu (07/06). (foto: IST)

Kendari, BKK – Dalam kunjungannya di Sulawesi Tenggara (Sultra), Ketua Umum Partai Golkar H Setya Novanto berkesempatan membawakan kuliah umum di kampus Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari, Rabu (07/06).

Setya Novanto yang saat ini masih menjabat anggota DPR-RI membeikan kuliah umum dalam rangka peningkatan wawasan dan pengalaman politik kepada keluarga besar civitas akademika IAIN Kendari. Dia mengangkat topik optimalisasi “Peran Partai Politik Terhadap Pendidikan Politik Masyarakat”.

Dalam kuliah umumnya Setya lebih banyak memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk berperan aktif dalam mendorong demokrasi yang sehat di negeri ini.

“Mahasiswa adalah generasi intelektual yang memiliki potensi untuk membangun bangsa ini. Percayalah anda semua (mahasiswa) memiliki peran strategis,” kata Setya yang disamput aplaus mahasiswa.

Setya meminta mahasiswa untuk memanfaatkan masa kuliah dengan membangun visi masa depan sebagai generasi yang mampu menghasilkan karya demi bangsa dan negara.

Setya mengisahkan sejumlah pengalaman yang Ia miliki sejak menjadi mahasiswa hingga mampu memegang tampuk pimpinan salah satu partai terbesar di Indonesia.

“Saya mencapai posisi seperti saat ini melalui proses kaderisasi yang sangat panjang. Keinginan untuk sukses telah ada dalam diri saya sejak menjalani masa kuliah. Untuk itu adik-adik (mahasiswa) bisa memulainya dari sekarang,” kata Setya yang kini masih menjabat sebagai ketua Fraksi Golkar itu.

Salah satu fungsi dari kader partai politik adalah menyuarakan kepentingan rakyat termasuk kepentingan kampus. Terlebih dirinya yang ikut serta dalam badan anggaran DPR-RI ikut menentukan keputusan anggaran termasuk bagi sektor pendidikan.

“Kalau tadi kata pak Rektor mahasiswa IAIN Kendari masih harus berkomunikasi dengan dosen di jalanan karena minimnya fasilitas kampus, maka saya akan memberikan bantuan berupa gazebo untuk dimanfaatkan sebagai tempat diskusi mahasiswa dan dosen,” ujar Setya yang disambut riuh civitas akademika IAIN Kendari yang mengikuti kuliah umum.

Sebelumnya, Rektor IAIN Kendari Dr Nur Alim dalam sambutannya mengatakan, pengembangan lembaga perguruan tinggi tidak terlepas dari peran serta legislator.

“Seperti yang kami alami belum lama ini, melalui rapat paripurna DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara telah menyetujui proses hibah lahan yang kami gunakan saat ini dari pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara, ini akan berpengaruh besar terhadap proses pengembangan IAIN Kendari di masa yang akan datang,” kata Nur Alim. (p8/b/nur)

To Top