Pembangunan RS Modern Raha Dikaji Ulang – Berita Kota Kendari
Headline

Pembangunan RS Modern Raha Dikaji Ulang

Ilustrasi

Ilustrasi

RAHA, BKK – Pembangunan Rumah Sakit (RS) Modern Kota Raha yang dikerjakan sejak 2015 hingga sekarang tidak kunjung kelar. Padahal pembangunannya sudah dua kali diperpanjang, namun belum rampung. Karena itu, pembangunan RS ini akan dikaji ulang.
Bupati Muna LM Rusman Emba ST mengatakan sudah menerima laporan mengenai perkembangan terakhir dari proyek tersebut. Dia mengakui ada beberapa masalah yang dihadapi.
“Masalah Amdal merupakan persoalan serius di RS Modern itu. Sebab pembuangan limbahnya mengarah ke laut. Tentunya akan kita kaji mengenai sirkulasi limbah yang  mengarah ke laut itu,” kata Rusman.
Sebagai Bupati Muna, kata Rusman, dirinya sudah mendapat banyak laporan mengenai masalah pembangunan RS Modern itu. “Saya sudah mendapat laporan mengenai masalah ini. Saya akan panggil BLH dan ahli  Amdal untuk mengkaji kembali masalah Amdalnya. Jadi kalau berbicara kelanjutan pembangunannya, akan kita kaji kembali, efektif atau tidak,” tegasnya.
Untuk diketahui, pembangunan RS ini diawali oleh Pemkab Muna dengan mengalokasikan dana dari APBD Muna Rp 20 M sejak tahun 2011 sampai 2013. Namun, hasilnya baru dibangun beberapa ruangan saja saat itu.      Karena dana APBD terbatas, Pemkab Muna kala itu meminjam dana Pusat Investasi Pemerintahan dan disetujui pada Oktober 2014, sebesar Rp 91,6 miliar.
Dana yang dihabiskan untuk membangunan RS Modern itu terakhir sebesar Rp 87 miliar dari total pinjaman Rp 91,6.
Sesuai kontrak awal, proyek RS Modern ini akan rampung pada Desember 2015. Namun sampai akhir Desember 2015, pembangunannya tak kunjung kelar. Yang baru selesai adalah ruangan induk, ruang media, ruang rawat inap, ruangan VIP, rawat inap VIP, lantai dasar, dan lantai 3. (cr1/d)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top