Lepham Sultra Mendaftar Sebagai Lembaga Pemantau Pemilih – Berita Kota Kendari
Beranda

Lepham Sultra Mendaftar Sebagai Lembaga Pemantau Pemilih

Hayani Imbu saat menerima berkas pendaftaran Lepham sebagai pendaftar pemanatu pemilih (Rull/BKK)

Hayani Imbu saat menerima berkas pendaftaran Lepham sebagai pendaftar pemanatu pemilih (Rull/BKK)

KENDARI, BKK- Lembaga Pemerhati Hak Asasi Manusia (Lepham) Sulawesi Tenggara (Sultra), mendaftarkan diri ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari, Rabu (7/9), sebagai salah satu lembaga pemantau pemilih dalam Pemilihan Wali Kota (Pilwali) Kendari 2017 nanti.

Usai menerima berkas pendaftaran Lepham Sultra tersebut, Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu langsung memeriksanya. Namun, proses pemeriksaan yang dilakukannya masih sebatas kelengkapan syarat, belum secara mendalam.

“Kita lihat dulu berkasnya apakah semua syarat ada atau masih kurang. Setelah itu baru kita lakukan verifikasi untuk menetapkan kelayakan lembaga ini masuk sebagai salah satu lembaga pemantau pemilih atau tidak,” terangnya.

Ia melanjutkan, dalam proses verifikasi nanti, jika ada syarat yang dinilai masih kurang dalam berkas Lepham maka akan diberikan jangka waktu tiga hari untuk perbaikan setelah surat dilayangkan. Kemudian setelah itu baru pihak Lepham akan diundang kembali untuk penetapannya.

“Kalau dalam verifikasi nanti ada data yang kurang maka kita masih memberi kebijaksanaan untuk melengkapinya. Setelah itu baru bisa kita tetapkan. Tetapi jika berkas yang dibawa saat ini sudah memenuhi semua syarat maka dalam jangka waktu tujuh hari kita akan segera tetapkan,” jelasnya.

Sementara itu, Direktir Lepham Sultra Arif Risuku menuturkan, motifasi lembaganya mendaftarkan diri sebagai lembaga pemantau pemilih yakni untuk memastikan seluruh masyarakat Kota kendari menggunakan hak pilihnya dengan benar.

“Kita punya tekad yang besar untuk membuat para pemilih tidak golput dalam pilwali nanti, karena masa depan kota ini ada pada hak suara mereka,” tambahnya.

Oleh karena itu, Arif berharap semua partai politik (parpol) yang ikut dalam momentum pesta demokrasi kali ini tidak melakukan tendensi apapun terhadap para pemilih. Demikian halnya dengan KPU Kota Kendari.

“Saya berharap lembaga KPU dan parpol tidak melakukan penekanan apapun terhadap para pemilih, sehingga semua para pemilih, baik itu pemilih pemula bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik dan benar sesuai amanat undang undang,” pungkasnya.(m2/nur)

To Top