Suksesi

KPU Mantapkan Syarat Cawali dan Wawali Kendari

KENDARI, BKK-Dalam rangka verifikasi syarat bakal calon (balon), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Kendari bersama pihak terkait, telah menetapkan beberapa syarat pencalonan untuk calon wali kota (Cawali) dan wakil wali kota (Wawali) yang akan bertarung di pemilihan wali kota (Pilwali) 2017 mendatang.

Ketua KPU Kota Kendari Hayani Imbu menjelaskan, beberapa syarat pencalonan yang mesti dipenuhi setiap balon yakni tidak memiliki utang, kemudian memiliki jenjang pendidikan yang baik. Selain itu, balon juga tidak bermasalah pada persoalan pajak dan tidak pernah terjerat pidana secara berulang.

“Kita sudah memantapkan empat syarat dasar yang wajib dipenuhi setiap balon yang ingin mendaftar sebagai calon, sesuai dengan hasil verifikasi yang kita lakukan bersama instansi terkait mulai dari Pengadilan Negeri (PN) Kendari, badan perpajakan, dinas pendidikan dan kepolisian,” terang Hayani ditemui usai rapat verifikasi balon wali kota dan wakil walikota, Rabu (7/9)

Ia melanjutkan, untuk syarat tidak memiliki utang yang dimaksud yakni balon yang akan bertarung di Pilwali Kendari, bersih dari segala jenis utang. Baik terhadap negara atau orang lain yang laporannya tidak ada di PN Kendari.

“Setiap calon wajib menyertakan pernyataan bebas dari hutang yang dikeluarkan PN Kendari, baik itu utang terhadap negara atau utang terhadap orang lain. Jika pernyataan itu tidak ada maka hal itu akan menjadi kendala,” jelasnya.

Sedangkan untuk syarat seperti memiliki jenjang pendidikan baik, maksudnya ialah dalam pendaftraan nanti calon tersebut tidak menggunakan ijazah palsu. Sedangkan terkait masalah pajak, balon bebas dari segala jenis pajak dan tidak memiliki catatan kriminal.

“Dari semua syarat tersebut, masing-masing ada instansi terkait yang bertanggung jawab untuk memastikan keabsahan berkas dari pasangan calon ketika mendaftar,” tukasnya.

Zainal Arifin, salah satu komisioner KPU juga menambahkan, jika dalam berkas yang dilampirkan oleh setiap balon tidak memenuhi dari unsur syarat yang telah ditetapkan KPU maka sudah jelas balon tersebut tidak akan diikutkan dalam pilwali 2017 nanti.

“Kalau ada satu saja yang kurang atau dinyatakan cacat oleh instansi terkait maka calon tersebut tidak akan kita ikutkan dalam pertarungan pilwali,” pungkasnya.(m2/b/nur)

To Top