31 Ribu Warga Konsel Belum Miliki e-KTP – Berita Kota Kendari
Lingkar Sultra

31 Ribu Warga Konsel Belum Miliki e-KTP

Rustam Silondae

Rustam Silondae

Andoolo, BKK – Kepala Dinas Catatan Sipil (Capil) Kabupaten Konsel menyatakan masih terdapat sekira 31 ribu warga yang belum merekam e-KTP. Hal ini terjadi diakibatkan masyarakat Konsel belum sadar untuk memiliki KTP elektronik.

Kepala Dinas Capil, Rustam Silondae mengatakan, e-KTP telah tersosialisasi sejak awal mulai dari kecamatan tetapi belum semua masyarakat belum sadar untuk memperoleh KTP elektronik sehingga masyarakat konsel yang belum ke capil sampai saat ini yang belum merekam masih 31 ribu dari 200 ribu wajib KTP yang ada di Kabupaten Konsel.

Sehingga, kata Rustam, dalam rangka target pemerintah pusat 31 September 2016 harus terekam semua, pihak Capil berupaya semaksimal mungkin dengan melakukan surat edaran bupati yang sudah diturunkan di seluruh kecamatan dan desa. Setelah itu, lanjut dia, ditindaklanjuti dengan keliling kecamatan untuk merekam.

Di samping itu, kata dia, pelayanan di kantor akan memaksimalkan dengan melakukan yang awalnya lima hari kerja mulai September selama satu bulan itu pihak Capil bekerja enam hari sepekan. “Mudah-mudahan upaya itu paling tidak kalau tidak bisa mencapai 31 ribu ya mendekatilah,” katanya.

Sebelumnya Capil telah melakukan sosialisasi dalam rangka pendataan e-KTP. Bahkan dia menyatakan di media sosial juga telah disosialisasikan tentang perekaman e-KTP paling lambat 31 September.

“Insya Allah minggu depan kita akan kumpul petugas kecamatan. Kita akan bagikan surat edaran bupati kemudian mereka ke desa untuk melakukan sosialisasi sekaligus melakukan pendataan,” katanya.

Rustam juga mengatakan, dengan memaksimalkan jam kerja, itu juga tidak bisa memprediksi bisa mencapai target tetapi pihaknya akan tetap berusaha untuk bisa mencapai target tersebut, walaupun masih memiliki kendala keterbatasan untuk percetakannya.

“Kalau perekaman bisa kita merekam dalam satu hari bisa dilakukan sebanyak banyaknya tapi pencetakannya kita terhambat tapi yang pasti untuk target perekaman saja dulu bisa dituntaskan pada 31 September,” jelasnya. (k8).

Click to comment
To Top