Penari Kolaka Ikuti Festival F8 di Makassar – Berita Kota Kendari
Pendidikan

Penari Kolaka Ikuti Festival F8 di Makassar

H Andi Pangoriseng

H Andi Pangoriseng

KOLAKA, BKK – Kabupaten Kolaka mengutus 30 penari yang akan mengikuti event Makassar internasional eight festival and forum 2016 atau festival F8.

“Dalam festival F8 atau ‎festival kolaborasi mengusung 8 tema, yaitu fashion, film, food, flora, folk, fine arts, fuzion jazz dan fiction whitersyang, Pemerintah Kota Makassar mengundang kami untuk menjadi peserta,” kata Sekretaris ‎Dinas Pariwisata dan kebudayaan Kolaka H Andi Pangoriseng, Selasa (6/9).

Adapun film terdiri atas pemutaran film, workshop dan kompetisi film pendek. ‎Fine art menampilkan live painting dan pameran seni.‎ Folks menampilkan asimilasi seni budaya, pameran dan pesta rakyat. ‎ Food menampilkan 10 icon kuliner Makassar pada phinisi dining experienced dan water front Food festival.

Untuk ‎fussion jazz merupakan festival jazz Makassar yang dilaksanakan di anjungan pantai Losari dan Benteng Rotterdam‎. Flora menawarkan hommy flower garden sebagai latar mengambilan gambar atau foto. ‎Fashion pergelaran peragaan busana dengan panggung diatas air dengan busana rancangan tradisional, serta ‎Fiction writer menampilkan beberapa event seperti kompetisi menulis cerpen, baca puisi, monolog kolaborasi sastra seni tari dan puisi musikal.

“Festival ini dilaksanakan dari tanggal 8 hingga 10 september ‎2016 di anjungan Pantai Losari,” katanya.

Dalam ajang ini, Pemkab Kolaka tidak mengikuti semua ajang lomba, tapi hanya ‎memfokuskan pada lomba tarian tradisional yakni tari lulo Mekongga dan fashion, dengan mengutus 30 penari serta10 orang pendamping, pelatih dan official. “Kami kesana melalui fery dengan ‎menggunakan dua mobil besok (hari ini red),” ungkapnya.

Pangoriseng berharap penari yang ikut festival dapat membawa nama baik Kolaka, paling tidak lebih mempererat tali persaudaraan antara Pemkot Makassar dan Pemkab Kolaka melalui budaya. (cr3/c)

 

Click to comment
To Top